IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN KEPRAMUKAAN PADA PESERTA DIDIK SD N 116 PALEMBANG

SHELLA, MAR (2022) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN KEPRAMUKAAN PADA PESERTA DIDIK SD N 116 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I SKRIPSI MAR SHELLA.pdf

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V SKRIPSI MAR SHELLA.pdf

Download (191kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis (1) perencanaan kegiatan kepramukaan dalam membentuk karakter peserta didik SD N 116 Palembang, (2) pelaksanaan kegiatan kepramukaan dalam membentuk karakter peserta didik SD N 116 Palembang (3) faktor pendukung dan faktor penghambat kegiatan kepramukaan dalam membentuk karakter peserta didik SD N 116 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan desain deskriptif analitik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Perencanaan kegiatan kepramukaan dalam membentuk karakter peserta didik di SD N 116 palembang sudah disusun dengan baik dalam bentuk program terstruktur seperti program tahunan, bulanan dan mingguan. Program tersebut disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik dan mengacu kepada SKU pramuka. (2) Pelaksanaan kegiatan kepramukaan dalam membentuk karakter peserta didik di SD N 116 palembang sudah berjalan dengan baik dan telah sesuai dengan rencana yang telah disusun sebelumnya. Dalam pelaksanaannya pembina pramuka telah menggunakan beberapa metode kepramukaan yang dapat menumbuhkan karakter pada peserta didik. (3) Faktor pendukung kegiatan kepramukaan dalam membentuk karakter peserta didik di SD N 116 Palembang yaitu Pertama, adanya dukungan dari pihak sekolah. Kedua, besarnya minat peserta didik dalam mengikuti kegiatan kepramukaan. Ketiga, penguasaan pembina dalam penyampaian materi dan metode kepramukaan. Adapun faktor penghambat kegiatan kepramukaan dalam membentuk karakter peserta didik di SD N 116 Palembang yaitu Pertama, guru kurang antusias dalam mendampingi dan mengikuti setiap kegiatan kepramukaan. Kedua, kurangnya sarana dan prasarana, Ketiga, kurangnya dukungan dari orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 09 Jan 2023 01:47
Last Modified: 09 Jan 2023 02:25
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/24486

Actions (login required)

View Item View Item