PENGARUH PENERAPAN METODE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS V DI MI AHLIYAH II PALEMBANG

Wulandari, Mira (2022) PENGARUH PENERAPAN METODE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS V DI MI AHLIYAH II PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana hasil belajar peserta didik sebelum diterapkan metode make a match di kelas eksperimen pada mata pelajaran akidah akhlak kelas V di MI Ahliyah II Palembang, (2) Bagaimana hasil belajar peserta didik sesudah diterapkan metode make a match di kelas eksperimen pada mata pelajaran akidah akhlak kelas V di MI Ahliyah II Palembang, (3) Bagaimana hasil belajar peserta didik yang tidak diterapkan metode make a match di kelas kontrol pada mata pelajaran akidah akhlak kelas V di MI Ahliyah II Palembang, (4) Bagaimana pengaruh penerapan metode make a match terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak kelas V di MI Ahliyah II Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini diuji dengan uji validitas, uji reabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Teknik analisis data mengggunakan uji T. Hasil penelitian ini menunukkan bahwa (1) Hasil belajar peserta didik sebelum diterapkan metode make a match di kelas eksperimen diperoleh 3 peserta didik yang tuntas (13%) dan 20 peserta didik yang tidak tuntas (86,9%). (2) Hasil belajar peserta didik sesudah diterapkan metode make a match di kelas eksperimen diperoleh 16 peserta didik yang tuntas (69,6%) dan 7 peserta didik yang tidak tuntas (30,3%). (3) Hasil belajar peserta didik yang tidak diterapkan metode make a match di kelas kontrol pada pretest diperoleh 2 peserta didik yang tuntas (8,3%) dan 22 peserta didik yang tidak tuntas (91,6%). Sedangkan pada posttest diperoleh 7 peserta didik yang tuntas (29,2%) dan 17 peserta didik yang tidak tuntas (70,7%). (4) Hasil uji hipotesis menggunakan uji t dengan rumus independent sample t-test menunjukkan bahwa Ha dterima karena nilai sig < 0,05 yaitu 0,000 < 0,005. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode make a match berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak di MI Ahliyah II Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Metode Make A Match, Hasil Belajar,Mata Pelajaran Akidah Akhlak
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 24 Jan 2023 03:41
Last Modified: 24 Jan 2023 03:41
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/24790

Actions (login required)

View Item View Item