Kreativitas Guru Penggerak Dalam Mengembangkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas V SD Negeri 20 Talang Kelapa

Pebriani, Pebriani and Tiara, Tiara (2023) Kreativitas Guru Penggerak Dalam Mengembangkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas V SD Negeri 20 Talang Kelapa. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I (2).pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V (1).pdf

Download (267kB) | Preview

Abstract

Kurikulum di Indonesia mengalami perubahan menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Terbaru pemerintah menawarkan konsep Merdeka Belajar Kurikulum Merdeka dengan tujuan untuk menyesuaikan dengan bakat dan minat peserta didik. Sehingga dari perubahan kurikulum tersebut pemerintah membuat program pelatihan guru penggerak yang menuntut guru untuk lebih kreatif dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi di kelas V SD Negeri 20 Talang Kelapa mendapatkan informasi terdapat guru penggerak dan non penggerak pada jenjang kelas yang sama dengan pengelolaan kelas yang berbeda. Dalam proses pembelajaran guru mempunyai tugas untuk mendorong, membimbing, dan memberi fasilitas belajar pada peserta didik untuk mencapai tujuan. Salah satu faktor yang mempengaruhi minat belajar adalah kreativitas guru. Penelitian bertujuan untuk mengetahui karakteristik guru, minat belajar peserta didik, dan pengaruh kreativitas guru penggerak dalam menggembangkan minat belajar peserta didik. Jenis penelitian ini kuantitatif quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data dengan angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan regresi linear sederhana. Penelitian menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian (1) bentuk kreativitas guru penggerak dengan melakukan ice breaking. mengubah suasana kelas, menggunakan media dan metode yang bervariasi, membuat bahan dan media pembelajaran yang bervariasi (2) Bentuk minat belajar peserta didik berupa suka mengerjakan tugas, antusias dengan pembelajaran, senang bekerja sama dengan tim, menyukai kegiatan pembelajaran yang bersifat praktek, aktif dan berani memberikan pendapat di kelas. (3) kreativitas guru penggerak berpengaruh dalam mengembangkan minat belajar peserta didik dari hasil perhitungan uji regresi sederhana menunjukan nilai signifikansinya 0.000 < 0.05.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Guru, Guru Penggerak, Minat Belajar.
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 27 Jan 2023 07:50
Last Modified: 27 Jan 2023 07:50
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/24892

Actions (login required)

View Item View Item