Analisis Manajemen Pengelolaan Dana Zakat Infaq Shadaqah dalam Meningkatkan Kesejahteraan Mustahiq (Studi pada Masjid Jami Nurul Hidayah Kecamatan Kemuning Kota Palembang)

Tuti Alawiyah, S.E (2023) Analisis Manajemen Pengelolaan Dana Zakat Infaq Shadaqah dalam Meningkatkan Kesejahteraan Mustahiq (Studi pada Masjid Jami Nurul Hidayah Kecamatan Kemuning Kota Palembang). Analisis Manajemen Pengelolaan Dana Zakat Infaq Shadaqah dalam Meningkatkan Kesejahteraan Mustahiq (Studi pada Masjid Jami Nurul Hidayah Kecamatan Kemuning Kota Palembang). (Unpublished)

[img]
Preview
Text
COVER TUTI ALAWIYAH.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK TUTI ALAWIYAH.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I. TUTI ALAWIYAH.pdf

Download (784kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II. TUTI ALAWIYAH.pdf

Download (750kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III. TUTI ALAWIYAH.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV TUTI ALAWIYAH.pdf

Download (724kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V. TUTI ALAWIYAH.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA TUTI ALAWIYAH.pdf

Download (324kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kewajiban zakat pada dasarnya mempunyai kedudukan yang potensial dalam kekayaan setiap manusia, yang wajib dikuluarkan pada bagian-bagian tertentu serta digunakan untuk kemajuan dan kesejahteraan manusia suatu sistem sosial yang diwujudkan dalam bentuk pemungutan uang, Umat Islam telah diajarkan untuk memiliki rasa kepedulian terhadap kaum dhuafa dengan membantu, menolong dan meringankan beban hidup mereka, perbuatan tersebut merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh umat beragama untuk memudahkan jalan bagi kaum muslim dalam membantu kaum dhuafa, Islam telah menentukan adanya ketentuan-ketentuan untuk zakat, infaq, dan sedekah dalam syariat agama Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah Bagaimana manajemen pengelolaan dana ZIS di Masjid Jami’ Nurul Hidayah Kecamatan Kemuning Kota Palembang dan Apa saja faktor pendukung dan penghambat pendistribusian dana ZIS dalam meningkatkan kesejahteraan Mustahiq di Masjid Jami’ Nurul Hidayah Kecamatan Kemuning Kota Palembang serta Bagaimana manajemen pengelolaan dana ZIS dalam meningkatkan kesejahteraan Mustahiq perspektif Islam di Masjid Jami’ Nurul Hidayah Kecamatan Kemuning Kota Palembang. Peristiwa yang dikaji dalam penelitian ini adalah fenomena Analisis Manajemen Pengelolaan Zakat, Infak, Shadaqah (ZIS) dalam Meningkatkan Kesejahteraan Mustahiq. Hasil dari penelitian ini adalah manajemen pengolaan dana ZIS di masjid jami’ nurul hidayah kecamatan kemuning cukup baik, kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan terhadap pengumpulan dan pendistribusian serta pendayagunaan zakat. Faktor pendukung nya adalah masjid Jami Nurul Hidayah mempunyai anak yatim yang telah didata dan diberikan bantuan rutin setiap 2-3 (dua sampai tiga) kali setahun dan faktor penghambat kurangya kesadaran muzaki membayar zakat maal maupun fitrah di masjid serta Menurut pandangan ekonomi Islam, kegiatan Masjid Jami Nurul Hidayah pada dasarnya memiliki dasar-dasar hukum, dan ekonomi islam pun memiliki hukum yaitu Al-Qur’an dan Hadist yang dipergunakan oleh penafsir terhadap praktek ekonomi dan lebih banyak berkaitan dengan normanorma. Kata Kunci: Analisis, ZIS, Kesejahteraan Mustahiq

Item Type: Article
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 74236 - Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: TUTI ALAWIYAH 1820604065
Date Deposited: 27 Feb 2023 03:39
Last Modified: 27 Feb 2023 03:39
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/25505

Actions (login required)

View Item View Item