IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK DI MI MARFU’AH PALEMBANG

Riani, Nora Citra (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK DI MI MARFU’AH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (169kB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter peduli lingkungan merupakan salah satu usaha dalam menanamkan rasa peduli terhadap lingkungan. Kerusakan lingkungan sendiri tidak terlepas dari kurangnya kesadaran diri seseorang pada lingkungan sekitar, sehingga karakter peduli lingkungan sangatlah penting untuk ada dalam diri seseorang. Melihat pentingnya pendidikan karakter tersebut, maka pendidikan karakter peduli lingkungan sangat perlu untuk ditanamkan sejak dini yaitu pada diri peserta didik yang dimulai pada jenjang pendidikan tingkat SD/MI. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan peserta didik di MI Marfu’ah Palembang mengenai penerapan, karakter peserta didik, serta faktor penghambat dan pendukung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Objek dari penelitian adalah situasi implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan peserta didik. Adapun Subjek penelitian adalah kepala madrasah, guru, peserta didik, dan wali murid. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data diperoleh dari reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian dalam pendidikan karakter peduli lingkungan peserta didik di MI Marfu’ah Palembang dideskripsikan dalam tiga rumusan masalah: (1) Implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan peserta didik di MI Marfu’ah Palembang dilihat melalui program pengembangan diri, pengembangan proses pembelajaran, budaya sekolah, dan pengembangan kesehatan lingkungan. (2) Karakter peduli lingkungan peserta didik di MI Marfu’ah Palembang dilihat pada masing-masing indikator kelas keterkaitan pada sikap peduli lingkungan. (3) Faktor pendukung implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan peserta didik di MI Marfu’ah Palembang adalah pendidik, peserta didik, peran orang tua, serta sarana dan prasana. Sedangkan faktor penghambat berupa sarana dan prasarana, serta karakter peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Karakter, Peduli Lingkungan, Peserta Didik
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 21 Mar 2023 04:30
Last Modified: 21 Mar 2023 04:30
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/26005

Actions (login required)

View Item View Item