PENERAPAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA PESERTA DIDIK KELAS II DI MI HIJRIYAH I PALEMBANG

Safitri, Nadila (2023) PENERAPAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA PESERTA DIDIK KELAS II DI MI HIJRIYAH I PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (153kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul Penerapan Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Peserta Didik Kelas II Di MI Hijriyah I Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji T dengan bantuan IBM SPSS statistics 26. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Hasil kemampuan membaca permulaan peserta didik di kelas eksperimen yaitu nilai pretest dengan rata-rata 44,687. Terdapat 2 peserta didik yang mendapatkan nilai tuntas dengan persentase 12,5% dan sebanyak 14 peserta didik mendapatkan nilai dibawah kriteria ketuntasan dengan persentase 87,5%. Sedangkan nilai rata-rata hasil posttest yaitu 67,813. Terdapat 7 peserta didik yang memenuhi kriteria ketuntasan dengan persentase 43,75% dan 9 peserta didik yang tidak memenuhi kriteria ketuntasan dengan persentase 56,25%. (2) Hasil kemampuan membaca permulaan peserta didik di kelas kontrol yaitu nilai pretest dengan rata-rata 43,393. Terdapat 1 peserta didik yang mendapatkan nilai tuntas dengan persentase 7% dan sebanyak 13 peserta didik mendapatkan nilai dibawah kriteria ketuntasan dengan persentase 93%. Sedangkan nilai rata-rata hasil posttest yaitu 55,357. Terdapat 3 peserta didik yang memenuhi kriteria ketuntasan dengan persentase 21% dan 11 peserta didik yang tidak memenuhi kriteria ketuntasan dengan persentase 79%. (3) Hasil uji hipotesis menggunakan uji Independent Sample T-Test menunjukkan bahwa Ha diterima dengan nilai sig < 0.05 yaitu 0.031 < 0.05. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran big book berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan membaca pada peserta didik kelas II di MI Hijriyah I Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Media Big Book; Kemampuan Membaca Permulaan
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: NADILA SAFITRI 1920201034
Date Deposited: 12 Apr 2023 05:38
Last Modified: 12 Apr 2023 05:38
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/26514

Actions (login required)

View Item View Item