PENGARUH PENGGUNAAN METODE BERNYANYI TERHADAP HASIL BELAJAR PERKALIAN MATEMATIKA SISWA KELAS II DI SD NEGERI 38 PALEMBANG

Sudarwan, Sabrina (2023) PENGARUH PENGGUNAAN METODE BERNYANYI TERHADAP HASIL BELAJAR PERKALIAN MATEMATIKA SISWA KELAS II DI SD NEGERI 38 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (32kB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan salah satu ilmu yang sangat penting dan berguna dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu keterampilan matematika yang harus dikuasai siswa Sekolah Dasar adalah penguasaan operasi aritmatika, khususnya perkalian. Melalui metode bernyanyi siswa akan lebih tertarik karena situasi belajar yang menyenangkan. Pembelajaran perkalian dengan metode bernyanyi dapat meningkatkan hasil belajar dibandingkan dengan belajar secara konvensional berupa ceramah maupun mencatat. Penelitian bertujuan untuk mengetahui (1) penggunaan metode bernyanyi pada materi perkalian matematika siswa kelas II di SD Negeri 38 Palembang, (2) hasil belajar perkalian matematika siswa pada kelas eksperimen, (3) hasil belajar perkalian matematika siswa pada kelas kontrol, dan (4) pengaruh penggunaan metode bernyanyi terhadap hasil belajar perkalian matematika siswa kelas II di SD Negeri 38 Palembang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian true eksperimen bentuk pretest-posttest control group design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode bernyanyi sangat efektif digunakan karena langkah-langkah dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode bernyanyi sangat mudah untuk diterapkan pada pembelajaran, (2) hasil belajar perkalian matematika siswa pada kelas eksperimen mendapatkan peningkatan nilai rata-rata dari 59,26 menjadi 80 setelah diberikan metode bernyanyi, (3) hasil belajar perkalian matematika siswa pada kelas kontrol mendapatkan peningkatan nilai rata-rata dari 56,30 menjadi 68,15 setelah diberikan metode lama. dan (4) Nilai signifikan yang didapat sebesar 0,036 < 0,05 yang artinya terdapat pengaruh penggunaan metode bernyanyi terhadap hasil belajar perkalian matematika siswa kelas II di SD Negeri 38 Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Metode Bernyanyi, Hasil Belajar, Perkalian Matematika
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: SABRINA SUDARWAN 1930201190
Date Deposited: 11 Apr 2023 01:43
Last Modified: 11 Apr 2023 01:43
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/26560

Actions (login required)

View Item View Item