Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V MI Hijriyah II Palembang

Oktari, Kiki (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V MI Hijriyah II Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB 1 FIX.pdf

Download (576kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Model Pembelajaran Team Games Tournament merupakan model yang menempatkan peserta didik dalam kelompok belajar dengan jumlah 5-6 orang peserta didik dengan kemampuan dan jenis kelamin yang berbeda. Model pembelajaran ini akan membuat sebuah kelompok belajar dan selanjutnya kelompok tersebut akan saling berkompetisi dan dengan model seperti ini maka model ini akan mampu merangsang peserta didik untuk aktif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari model pembelajaran teams game tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Kelas V MI. Dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode True experimental design dengan desain pretest-posttest control design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini melibatkan kelas VC sebagai kelas eksperimen dan VD sebagai Kelas Kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest peserta didik pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata posttest pada kelas kontrol. Pada kelas kontrol nilai rata-rata pretest 48,6 dan postest 61,33 dan pada kelas eksperimen nilai rata-rata pretest 42 dan posttest 74,33. Berdasarkan pada uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji t indepedent sample t-test menujukkan bahwa diperoleh nilai sig 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “Ada pengaruh Model Pembelajaran teams game tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Kelas V MI Hijriyah II Palembang”.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Model pembelajaran, Model Pembelajaran teams game tournament (TGT), Hasil Belajar
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: KIKI OKTARI 1930201168
Date Deposited: 13 Apr 2023 01:36
Last Modified: 13 Apr 2023 01:36
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/26662

Actions (login required)

View Item View Item