APAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA SISWA KELAS 2 DI SD NEGERI 25 PALEMBANG

WAYUDI, M. IWAN (2023) APAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA SISWA KELAS 2 DI SD NEGERI 25 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB I.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB V.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB I.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB I.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB I.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB I.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB I.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB I.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB I.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB I.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB I.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB I.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB I.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB I.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB I.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB I.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB V.pdf

Download (200kB) | Preview

Abstract

Kesulitan membaca merupakan hambatan dalam membaca yang ditunujukkan denga adanya kesenjangan kemampuan yang dimiliki degan prestasi belajar. Kesulitan belajar membaca biasanya banyak di temukan pada anak usia sekolah dasar, seperti yang terjadi di kelas 2 SD Negeri 25 palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca siswa kelas 2 di SD Negeri 25 palembang. Ada 3 rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu yang pertama untuk mengetahui apa saja bentuk-bentuk kesuitan membaca pada siswa kelas 2 di SD Negeri 25 Palembang. Kedua untuk mengetahui apa saja faktor-faktor penyebab kesulitan membaca siswa kelas 2 di SD Negeri 25 Palembang, yang ketika untuk mengetahui upaya apa saja yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi kesulitan membaca siswa kelas 2 di SD Negeri 25 Palembang.Jenis penelitian yang digunakan ialah jenis kualitatif yang berbentuk kata-kata atau yang berbentuk pertanyaan verbal, bukan bentuk angka. Adapun sumber data yang digunakan ialah data premier dan data sekunder. Pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru walikelas 2 SD negeri 25 Palembang dan objeknya ialah siswa kelas 2 SD Negeri 25 Palembang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pertama bentuk-bentuk kesulitan membaca siswa kelas 2 itu bermacam-macam. Mulai dari yang tidak mengetahui huruf abjad, salah membaca huruf abjad karena terlihat mirip sampai dengan yang tidak bisa menggabungkan kata dan kalimat. Kedua faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan membaca siswa ialah faktor internal dan eksternal pada siswa. Seperti kurangnya dukungan dari orang tua, kurangnya perhatian dari orang tua serta pengaruh dari lingkungan sosial siswa itu sendiri. Ketiga upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan membaca siswa ialah dengan menggunakan strategi, metode serta media sehingga membuat siswa menjadi lebih bersemangat dalam belajar membaca. sehingga hasil dari upaya guru tersebut membuahkan hasil positif diama siswa yang awalnya kesulitan mengeal hurus sekarang sudah bisa mengenal dan menghafal huruf abjad.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan membaca merupakan hambatan dalam membaca yang ditunujukkan denga adanya kesenjangan kemampuan yang dimiliki degan prestasi belajar. Kesulitan belajar membaca biasanya banyak di temukan pada anak usia sekolah dasar, seperti yang terjadi di kelas 2 SD Negeri 25 palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca siswa kelas 2 di SD Negeri 25 palembang. Ada 3 rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu yang pertama untuk mengetahui apa saja bentuk-bentuk kesuitan membaca pada siswa kelas 2 di SD Negeri 25 Palembang. Kedua untuk mengetahui apa saja faktor-faktor penyebab kesulitan membaca siswa kelas 2 di SD Negeri 25 Palembang, yang ketika untuk mengetahui upaya apa saja yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi kesulitan membaca siswa kelas 2 di SD Negeri 25 Palembang.Jenis penelitian yang digunakan ialah jenis kualitatif yang berbentuk kata-kata atau yang berbentuk pertanyaan verbal, bukan bentuk angka. Adapun sumber data yang digunakan ialah data premier dan data sekunder. Pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru walikelas 2 SD negeri 25 Palembang dan objeknya ialah siswa kelas 2 SD Negeri 25 Palembang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pertama bentuk-bentuk kesulitan membaca siswa kelas 2 itu bermacam-macam. Mulai dari yang tidak mengetahui huruf abjad, salah membaca huruf abjad karena terlihat mirip sampai dengan yang tidak bisa menggabungkan kata dan kalimat. Kedua faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan membaca siswa ialah faktor internal dan eksternal pada siswa. Seperti kurangnya dukungan dari orang tua, kurangnya perhatian dari orang tua serta pengaruh dari lingkungan sosial siswa itu sendiri. Ketiga upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan membaca siswa ialah dengan menggunakan strategi, metode serta media sehingga membuat siswa menjadi lebih bersemangat dalam belajar membaca. sehingga hasil dari upaya guru tersebut membuahkan hasil positif diama siswa yang awalnya kesulitan mengeal hurus sekarang sudah bisa mengenal dan menghafal huruf abjad.
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: M. IWAN WAYUDI 1930201114
Date Deposited: 14 Apr 2023 02:23
Last Modified: 14 Apr 2023 02:23
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/26733

Actions (login required)

View Item View Item