S., Siti Mahmudah (2023) PEMBELAJARAN SHOROF DENGAN METODE CIRCUIT LEARNING MENGGUNAKAN KITAB MAJANI AL-MUSTATHROF FI 'ILMI SHORFI DI PONDOK PESANTREN MODERN NURUSSALAM SIDOGEDE BELITANG SUMATERA SELATAN. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.
|
Text
Cover.pdf Download (344kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (424kB) | Preview |
|
Text
Bab l.pdf Restricted to Registered users only Download (910kB) | Request a copy |
||
Text
Bab ll.pdf Restricted to Registered users only Download (751kB) | Request a copy |
||
Text
Bab lll.pdf Restricted to Registered users only Download (556kB) | Request a copy |
||
Text
Bab lV.pdf Restricted to Registered users only Download (770kB) | Request a copy |
||
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (482kB) | Request a copy |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (734kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang tepatnya pendidik dalam memilih metode pembelajaran, dikarenakan masih menggunakan metode pembelajaran yaitu pendidik sekedar menjelaskan dan membacakan mulai dari contoh, penjelasan, dan kesimpulan. Salah satu faktor yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman peserta didik dalam memahami materi shorof yakni dengan menggunakan metode pembelajaran yang lebih efektif dan tidak membosankan, agar peserta didik tidak beranggapan bahwa pembelajaran shorof tersebut sulit. Dalam hal ini, peneliti mencoba memilih metode Circuit Learning dengan materi yang diambil dari kitab Majani Al-Mustathrof Fi ‘Ilmi Shorfi untuk diterapkan di Pondok Pesantren Modern Nurussalam pada kelas III B Putri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan metode penelitian adalah Mix Methode. Data penelitian ini diperoleh dari observasi, wawancara, dokumentasi, tes dan angket untuk mengukur kemampuan peserta didik. Hasil dari penelitian ini diperoleh dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 22 dengan uji Wilcoxon didapatkan nilai Asymp Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Yakni ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah diterapkannya metode circuit learning dalam pembelajaran shorof pada pre test dan post test di kelas eksperimen. Adapun pada uji Mann Whitney didapatkan nilai Asymp Sig. (2-tailed) 0,002 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Yakni ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik pada post test kelas kontrol dan eksperimen. Dan hasil dari angket kepuasan peserta didik pada saat metode circuit learning diterapkan oleh peneliti, diperoleh persentase rata-rata sebesar 90,53% dengan kriteria sangat baik atau sangat valid. Dengan demikian, terdapat keefektifitasan pada pembelajaran shorof dengan metode circuit learning menggunakan kitab majani al-mustathrof fi ‘ilmi shorfi pada peserta didik kelas III B Putri di Pondok Pesantren Modern Nurussalam Sidogede Belitang Sumatera Selatan, karena dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memahami materi shorof.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Pembelajaran shorof, kitab majani al-mustathrof fi ‘ilmi shorfi, metode circuit learning. |
Subjects: | 400 Bahasa > Bahasa - bahasa lain > Bahasa Arab Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 88204 - Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | SITI MAHMUDAH S. 1920204031 |
Date Deposited: | 23 May 2023 08:34 |
Last Modified: | 23 May 2023 08:34 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27480 |
Actions (login required)
View Item |