Analisis Kesulitan Membaca Pada Peserta Didik Di SDN 116 Palembang

Melan, Haryati (2023) Analisis Kesulitan Membaca Pada Peserta Didik Di SDN 116 Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
bab 1 Skripsi Melan Haryati 1930201089.pdf

Download (617kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 Skripsi Melan Haryati 1930201089.pdf

Download (188kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan membaca yang dialami oleh peserta didik di SDN 116 palembang. Ada tiga rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Pertama untuk mengetahui Kesulitan membaca apa saja yang dialami peserta didik di SDN 116 Palembang. Kedua untuk mengetahui Faktor Penyebab kesulitan membaca yang dialami peserta didik di SDN 116 Palembang. Ketiga untuk mengetahui Cara guru mengatasi kesulitan membaca pada peserta didik di SDN 116 Palembang. Jenis penelitian yang digunakan ialah jenis kualitatif yang berbentuk kata-kata atau yang berbentuk pertanyaan verbal, bukan bentuk angka. Adapun sumber data yang digunakan ialah data primer dan data sekunder. Pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru yang mengajar progam kelas membaca di SDN 116 Palembang, Kepala Sekolah SDN 116 Palembang dan objeknya ialah peserta didik yang mengikuti program kelas membaca di SDN 116 Palembang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pertama bentuk-bentuk kesulitan membaca yang dialami peserta didik itu berbeda-beda. Ada yang mengalami kesulitan dalam membaca kalimat yang terlalu panjang dan Kesulitan Membaca dengan mengeja per suku kata. Kedua faktor penyebab kesulitan membaca yang dialami peserta didik terdiri dari dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal seperti kurang lancarnya membaca, kurang minatnya membaca dan kurang bimbingan dari orang tua. Faktor eksternal seperti kesulitan untuk melafalkan huruf abjad. Ketiga cara guru mengatasi kesulitan membaca yang dialami peserta didik yaitu mengadakan kelas intensif yaitu program kelas membaca yang dilakukan selama 3 jam untuk membimbing peserta didik yang masih mengeja. Serta menjalin kerjasama dengan orang tua peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan membaca, Peserta didik
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: MELAN HARYATI 1930201089
Date Deposited: 24 May 2023 01:25
Last Modified: 24 May 2023 01:25
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27481

Actions (login required)

View Item View Item