UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS III MI DARUL ULUM 1 SUNGAI BELIDA KECAMATAN LEMPUING JAYA

Fitri, Riska Anisa (2023) UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS III MI DARUL ULUM 1 SUNGAI BELIDA KECAMATAN LEMPUING JAYA. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img]
Preview
Text
skripsi Rizka revisi ke 2 (penguji 1)-halaman-1-16.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
skripsi Rizka revisi ke 2 (penguji 1)-halaman-17-28.pdf
Restricted to Registered users only

Download (938kB) | Request a copy
[img] Text
skripsi Rizka revisi ke 2 (penguji 1)-halaman-29-49.pdf
Restricted to Registered users only

Download (966kB) | Request a copy
[img] Text
skripsi Rizka revisi ke 2 (penguji 1)-halaman-50-64.pdf
Restricted to Registered users only

Download (920kB) | Request a copy
[img] Text
skripsi Rizka revisi ke 2 (penguji 1)-halaman-65-91.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
skripsi Rizka revisi ke 2 (penguji 1)-halaman-92-94.pdf
Restricted to Registered users only

Download (805kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
skripsi Rizka revisi ke 2 (penguji 1)-halaman-95-97.pdf

Download (912kB) | Preview

Abstract

Guru merupakan komponen terpenting dalam dunia pendidikan dan menempati tempat yang terhormat di kalangan masyarakat. Guru memiliki pengaruh yang sangat besar dalam mengatasi kesulitan membaca peserta didiknya. Membaca merupakan suatu keterampilan yang harus dimiliki dan dikuasai oleh peserta didik. Namun fakta di lapangan menunjukan bahwa terdapat peserta didik yang mengalami kesulitan membaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan membaca dan untuk menganalisis bagaimana kendala-kendala yang dihadapi dalam upaya menghadapi kesulitan membaca pada MI Darul Ulum 1 Sungai Belida. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskripsif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah trianggulasi data dengan teknik analisis data, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa. Pertama kesulitan yang dialami peserta didik dalam membaca adalah peserta didik belum mampu mengenal huruf abjad, peserta didik belum mampu membedakan huruf yang hampir sama sehingga huruf sering tertukar, peserta didik belum mampu mengulang kembali kata bacaan. Kedua Upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan membaca ialah melakukan kegiatan pembelajaran di luar jam sekolah, memberikan motivasi belajar dan dorongan untuk semangat belajar kepada peserta didik. Ketiga Kendala yang dialami guru adalah kurangnya motifasi peserta didik itu sendiri dalam menerima pelajaran, peserta didik yang kesulitan membaca cenderung kurang semangat untuk belajar, psikologis peserta didik yang tidak stabil.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Upaya Guru, Kesulitan Membaca, Peserta Didik
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Studi dan pengajaran pendidikan
300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Hal-hal umum tentang pendidikan > Mengajar dan pengajar
Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: RIZKA ANISA FITRI 1930201226
Date Deposited: 25 May 2023 01:56
Last Modified: 25 May 2023 01:56
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27620

Actions (login required)

View Item View Item