ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MERANCANG PERENCANAAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN KURIKULUM 2013 KELAS I DI MI AL-AMALUL KHAIR PALEMBANG

Yohanda, Lionnary (2023) ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MERANCANG PERENCANAAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN KURIKULUM 2013 KELAS I DI MI AL-AMALUL KHAIR PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (185kB) | Preview

Abstract

Perencanaan pembelajaran merupakan persiapan guru sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan membuat prosedur dan pengorganisasian pembelajaran secara terperinci agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang maksimal. Oleh karena itu, kompetensi guru dalam merancang rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sangat penting. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang telah dirancang guru, (2) mengetahui kompetensi pedagogik guru dalam merancang RPP berdasarkan kurikulum 2013 kelas I di MI Al-Amalul Khair Palembang, (3) mengetahui optimalisasi kompetensi pedagogik guru dalam merancang RPP berdasarkan kurikulum 2013 kelas I di MI Al-Amalul Khair Palembang. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis datanya meliputi reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan teknik uji triangulasi, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Rancangan RPP guru kelas I di MI Al-Amlul Khair Palembang masih ada yang belum sesuai dengan kurikulum 2013, hal ini terdapat dalam komponen identitas RPP, materi pembelajaran, tujuan pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian; (2) Kompetensi pedagogik guru kelas I di MI Al-Amalul Khair Palembang sudah cukup baik dalam merancang dan mengembangkan RPP berdasarkan kurikulum 2013; (3) Optimalisasi kompetensi pedagogik guru dalam merancang RPP yaitu terdapat beberapa kegiatan yang dapat diikuti oleh guru seperti mengikuti kelompok kerja guru (KKG), pelatihan kurikulum 2013, mengundang pemateri dan narasumber, melakukan diskusi bersama rekan guru, dan memanfaatkan jaringan internet.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kompetensi Pedagogik, Perencanaan Pembelajaran, Kurikulum 2013
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yohanda Lionnary -
Date Deposited: 30 May 2023 02:13
Last Modified: 30 May 2023 02:13
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27730

Actions (login required)

View Item View Item