Pengembangan materi maharah kalam dengan metode VAK (Visual, Auditori dan Kinestetik) menggunakan Macromedia Flash 8 di SMP IT An-Nuriyah Sekayu

Mariska, Een Dwi (2023) Pengembangan materi maharah kalam dengan metode VAK (Visual, Auditori dan Kinestetik) menggunakan Macromedia Flash 8 di SMP IT An-Nuriyah Sekayu. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (256kB) | Preview
[img] Text
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (298kB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatar belakangi oleh kejenuhan dan rasa bosan siswa dalam kegiatan pembelajaran bahasa Arab khusunya dalam penguasaan kalam dengan banyaknya materi yang harus dipahami. Namun cepat lupa seiring bergantinya materi akan tetapi peserta didik dituntut untuk tetap mengingat materi sebelumnya, selain itu tidak adanya penggunaan media dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu perlu adanya media pembelajaran yang menarik sehingga peserta didik dapat termotivasi belajar dengan aktif dan menyenangkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development dengan menggunakan dua jenis data yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Pengembangan ini menggunakan teori pengembangan Borg dan Gall dengan menggunakan enam langkah pengembangan; potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi produk dan uji coba produk. Data penelitian ini diperoleh dari observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari angket kebutuhan siswa dengan menunjukkan hasil rata-rata presentase rata 80,4%. Dari hasil validasi ahli materi dan ahli media, memenuhi kriteria valid dengan hasil uji ahli materi mencapai tingkat kevalidan 92,5% dan hasil dari ahli media dengan tingkat kevalidan 87,5%. Sedangkan dalam penerapan didalam kelas, hasil pre test siswa mendapatkan nilai rata-rata 53% dan post test dengan nilai rata-rata 78%. Berdasarkan analisis menggunakan uji T diketahui bahwasanya nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka bisa disimpulkan bahwa terdapat perbedaan dan pegaruh yang nyata antara hasil belajar bahasa Arab pada data pre test dan post test. Oleh karena itu keputusannya adalah Ha diterima dan Ho ditolak sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat keefektivan dalam pengembangan materi maharah kalam dengan metode VAK (Visual, Auditori dan Kinestetik) menggunakan Macromedia flash 8 di SMP IT An-Nuriyah Sekayu.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : media ajar(Macromedia flash 8), Penguasaan maharoh kalam, Pembelajaran dengan metode VAK (Visual, Auditori dan Kinestetik).
Subjects: 400 Bahasa > Bahasa - bahasa lain > Bahasa Arab
Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 88204 - Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: EEN DWI MARISKA 1910204011
Date Deposited: 31 May 2023 03:14
Last Modified: 31 May 2023 03:14
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27742

Actions (login required)

View Item View Item