Safitri, Desi Nur (2023) Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Pada Proses Pembelajaran Tematik Di Kelas V SD Negeri 138 OKU. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri ( UIN ) Raden Fatah Palembang.
|
Text
skripsi bab 1 Desi Nur Safitri.pdf Download (367kB) | Preview |
|
|
Text
skripsi bab 2 Desi Nur Safitri.pdf Download (445kB) | Preview |
|
|
Text
skripsi bab 3 Desi Nur Safitri.pdf Download (370kB) | Preview |
|
|
Text
skripsi bab 4 Desi Nur Safitri.pdf Download (648kB) | Preview |
|
|
Text
skripsi bab 5 Desi Nur Safitri.pdf Download (179kB) | Preview |
Abstract
Gaya belajar merupakan suatu cara seseorang untuk menyerap dan mengelola informasi yang diperoleh. Setiap peserta didik memiliki gaya belajar yang berbeda. Melihat hal ini maka sangat diperlukannya untuk memahami macam macam gaya belajar yang tampak pada peserta didik agar proses pembelajaran berjalan lancar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis gaya belajar peserta didik pada proses pembelajaran tematik pada kelas V Sekolah Dasar Negeri 138 OKU. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskrptif kualitatif adapun desain penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini yaitu field research. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara, yaitu: observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga gaya belajar yang tampak pada pesrta didik kelas V seperti: Visual dimana peserta didik dengan gaya belajar ini cendrung lebih mudah mengingat objek yang dilihat daripada didengar lalu Auditorialal peserta didik dengan gaya belajar ini cendrung lebih mudah belajar dengan mendengarkan dan Kinestetik peserta didik dengan gaya belajar ini lebih cenderung menyukai bila guru memberikan materi sambil praktik. Visual sebanyak 34%, Auditorial sebanyak 34% dan Kinestetik sebanyak 31%. gaya belajar yang dominan di kelas V adalah gaya belajar Visual dan Auditorial yaitu sebanyak 34%. Proses pembelajaran tematik di kelas V Sekolah dasar Negeri 138 OKU yang mana didalam proses pembelajaran ini bisa dikatakan berjalan dengan lancar dan kondusif serta terarah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gaya Belajar, Proses Pembelajaran, Peserta didik |
Subjects: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | DESI NUR SAFITRI 1920201065 |
Date Deposited: | 09 Jun 2023 02:45 |
Last Modified: | 09 Jun 2023 02:45 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28140 |
Actions (login required)
View Item |