Sikap Toleransi Beragama Berbasis Multicultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 52 Palembang

Jannah, Miftahul (2023) Sikap Toleransi Beragama Berbasis Multicultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 52 Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI MIFTA.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI ABSTRAK MIFTA.pdf

Download (58kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI BAB I MIFTA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB II MIFTA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB III MIFTA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB IV MIFTA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB V MIFTA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI DAFTAR PUSTAKA MIFTA.pdf

Download (145kB) | Preview

Abstract

Sikap toleransi beragama merupakan suatu perilaku yang wajib dilakukan bagi siswa baik dilingkungan sekolah maupun diluar sekolah. Dalam melakukan sikap toleransi beragama berbasis multicultural dalam pembelajaran pendidikan agama Islam ada faktor pendukung maupun faktor penghambat seperti, dilaksanakannya solat berjamaah, tadarus Al-Qur’an, kerjasama guru yang baik mushola yang terkunci serta tidaknya adanya air untuk berwudhu. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Informan penelitian yakni 4 siswa, 1 guru PAI, 1 guru PAK, dan 1 kepala sekolah SMP Negeri 52 Palembang. Metode pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian sikap toleransi beragama berbasis multicultural dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 52 Palembang, yaitu:(1) Sikap toleransi beragama berbasis multicultural dalam pembelajaran pendidikan agama Islam sudah terealisasikan namun tidak seluruh siswa merealisasikannya, masih terdapat beberapa siswa melakukan pembulian terhadap siswa yang berbeda keyakinan, (2) Faktor pendukung dalam sikap toleransi beragama berbasis multicultural dalam pembelajaran pendidikan agama Islam ada dua yaitu, tata tertib dan budaya sekolah, dan kerjasama guru yang baik, (3) Faktor penghambat sikap toleransi beragama berbasis multicultural yakni, ada tiga yaitu, mushola yang terkunci, tidak adanya air untuk wudhu, adanya jam pelajaran di saat salah satu kelas ingin melaksanakan sholat dhuha.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Aspek sosial dari pendidikan
Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: MIFTAHUL JANNAH 1910202029
Date Deposited: 03 Jul 2023 02:55
Last Modified: 03 Jul 2023 02:55
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28717

Actions (login required)

View Item View Item