Sari, Indah fajar (2023) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGENDALIAN DIRI PADA SISWA KELAS XI MA AL-FATAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
INDAH FAJAR SARI. cover.pdf Download (292kB) | Preview |
|
|
Text
INDAH FAJAR SARI. Abstrak.pdf Download (689kB) | Preview |
|
Text
INDAH FAJAR SARI. Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (625kB) | Request a copy |
||
Text
INDAH FAJAR SARI. Bab.2.pdf Restricted to Registered users only Download (759kB) | Request a copy |
||
Text
INDAH FAJAR SARI. Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (579kB) | Request a copy |
||
Text
INDAH FAJAR SARI Bab.4.pdf Restricted to Registered users only Download (618kB) | Request a copy |
||
Text
INDAH FAJAR SARI Bab.5.pdf Restricted to Registered users only Download (513kB) | Request a copy |
||
|
Text
INDAH FAJAR SARI. Dapus.pdf Download (518kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk dapat menjawab pertanyaan bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam pengendalian diri siswa di kelas XI, apa faktor pendukung dan penghambat pengendalian diri siswa di kelas XI di MA Al-Fatah Palembang. Masa MA merupakan masa labil dimana pada tahap ini peserta didik memasuki fase remaja yang mana memiliki rasa ingin tahu sebab itulah perlunya pengendalian diri terhadap peserta didik agar tidak terjerumus kearah negatif ssehingga perlunya pembinaan dan bimbingan dari guru. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskrptif, yaitu melalui pendekatan studi kasus. Terdapat sumber data primer dalam penelitian ini kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam, dan siswa-siswi kelas XI MA AlFatah Palembang. Metode pengumpulan data dengan cara wawancar, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peran guru pendidikan agama Islam dalam pengendalian diri pada siswa kelas XI MA Al-Fatah Palembang. Adapun peran guru pendidikan Agama Islam pertama, sebagai pendidik. Kedua, guru sebagai sumber belajar. Ketiga, guru sebagai tauladan. Keempat guru sebagai penasehat Adapun faktor pendukung dalam pengendalian siswa yaitu keterlibatanya kerja sama orang tua dan guru dalam membimbing peserta didik menjadi baik. Adanya kemauan dalam diri untuk berubah menjadi lebih baik serta lingkungan yang mendukung. Adapun faktor penghambat dalam pengendalian siswa pad kelas XI yaitu kurang perhatian dan kasih sayang dari orang tua, lingkungan dan pergaulan yang tidak baik, latar belakang peserta didik yang berbeda-beda dan zaman yang semakin maju penggunaan gadged yang dapat menjerumuskan peserta didik serta fasilitas yang belum memadai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Peran, Guru Pendidikan Agama Islam, Pengendalian Diri |
Subjects: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | INDAH FAJAR SARI 1920202072 |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 01:33 |
Last Modified: | 08 Aug 2023 01:33 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/29534 |
Actions (login required)
View Item |