ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN LANGSUNG DALAM PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V DI SD NEGERI 1 SIRAH PULAU PADANG

Antika, Yuliah (2023) ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN LANGSUNG DALAM PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V DI SD NEGERI 1 SIRAH PULAU PADANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (285kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui bagaimana pelaksanaan strategi pembelajaran langsung dalam pembelajaran tematik pada kelas V di SD Negeri 1 Sirah Pulau Padang, (2) Mengetahui kendala apa saja yang dihadapi guru dalam pelaksanaan strategi pembelajaran langsung pada pembelajaran tematik kelas V di SD Negeri 1 Sirah Pulau Padang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pada pelaksanaan strategi pembelajaran langsung dalam pembelajaran tematik langkah-langkah yang dilaksanakan belum terlalu sesuai dengan langkah-langkah strategi pembelajaran langsung yaitu pada tahap; menyajikan pengetahuan tahap demi tahap. (2) Kendala yang dihadapi dalam langkah-langkah pembelajaran langsung yaitu terdapat pada tahap kedua yaitu menyajikan pengetahuan tahap demi tahap dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan latihan yang dikolaborasikan. Kendala saat menggunakan metode ceramah yaitu siswa kadang kurang fokus pada saat pembelajaran berlangsung. Kendala yang dihadapi saat menggunakan metode tanya jawab yaitu ada beberapa siswa yang tidak berani mengemukakan pendapatnya dan untuk kendala yang dihadapi guru dalam menggunakan metode latihan yaitu menyita waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan latihan yang diberikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Pembelajaran Langsung, Pembelajaran Tematik
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: YULIAH ANTIKA 1930201187
Date Deposited: 21 Aug 2023 01:54
Last Modified: 21 Aug 2023 01:54
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/29655

Actions (login required)

View Item View Item