Rahmania, Elvina (2023) Penerapan Metode Suggestopedia Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran PAI Di SD Negeri 132 Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
Cover Skripsi Elvina Rahmania.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (189kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (563kB) | Request a copy |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (452kB) | Request a copy |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (468kB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (619kB) | Request a copy |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) | Request a copy |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (410kB) | Preview |
Abstract
Metode pembelajaran mempunyai kedudukan yang sangat penting karena metode menjadi salah satu faktor pendukung keberhasilan proses belajar agar tujuan pembelajaran dapat berjalan efektif dan efisien sesuai dengan yang diharapkan. Metode suggestopedia adalah metode pembelajaran yang membantu dan mengubah cara pandang siswa terhadap pembelajaran dengan memberikan sugesti positif yang disertai dengan iringan musik sehingga suasana proses belajar mengajar lebih rileks dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode suggestopedia pada mata pelajaran PAI di SD Negeri 132 Palembang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pre-experiemental design desain penelitian one group pretest-posttest untuk mengetahui motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan metode suggestopedia. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas V yang berjumlah 30 siswa. Teknik analisis datanya menggunakan uji t dengan rumus paired sample-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa setelah diterapkannya metode suggestopedia. Motivasi belajar siswa pada kelas pretest bisa dilihat dari skor tertinggi 7%, kategori sedang 60% kategori rendah 33%. Kemudian pada kelas posttest dilihat dari kategori skor tertinggi 17% kategori sedang 63% , kategori rendah 20%. Selain itu, rata-rata motivasi belajar siswa mengalami peningkatan pretest 58 dan posttest 81. Hasil uji hipotesis yang menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) adalah 0,00 < 0,05. Jika nilai Sig. (2 tailed) < 0.05, maka Ha diterima, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan pada motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan metode suggestopedia dan Ha diterima
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Suggestopedia, Motivasi Belajar |
Subjects: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | ELVINA RAHMANIA 1910202027 |
Date Deposited: | 16 Aug 2023 03:05 |
Last Modified: | 16 Aug 2023 03:05 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/29715 |
Actions (login required)
View Item |