PENGARUH RELIGIUSITAS, PENDAPATAN, DAN AKSES INFORMASI TERHADAP MINAT BERWAKAF UANG PADA MASYARAKAT MUSLIM DI KOTA PALEMBANG

ADINDA, TIARA FADHILA (2023) PENGARUH RELIGIUSITAS, PENDAPATAN, DAN AKSES INFORMASI TERHADAP MINAT BERWAKAF UANG PADA MASYARAKAT MUSLIM DI KOTA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (71kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text
BAB II..pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA..pdf

Download (209kB) | Preview

Abstract

Potensi wakaf uang dapat dilihat dari setiap daerah, seperti Kota Palembang sebagai Ibukota Provinsi Sumatera Selatan. Wakaf uang diharapkan menjadi solusi bagi permasalahan perekonomian umat, sebab wakaf uang dinilai lebih efektif dan efisien untuk dilakukan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingginya tingkat kemiskinan dan ketimpangan di Indonesia, kurangnya literasi masyarakat dimana potensi wakaf uang yang besar bertolak belakang dengan realisasinya, serta kurang baiknya persepsi masyarakat terkait wakaf uang. Hal ini dikarenakan pengembangan, pengelolaan, dan pengetahuan mengenai wakaf uang masih sangat rendah dan tidak terpublikasi dengan baik. Sehingga kurangnya kepercayaan masyarakat terhadap lembaga yang mengelola wakaf uang yang mengakibatkan rendah dan lambatnya pengetahuan mengenai wakaf uang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh religiusitas, pendapatan, dan akses informasi terhadap minat berwakaf uang pada masyarakat muslim di Kota Palembang. Metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat muslim Kota Palembang dengan Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden melalui Google form dengan skala likert. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik Accidental Sampling kemudian dianalisis dengan Analisis Regresi Liniear Berganda serta Uji t dan Uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel religiusitas dan pendapatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwakaf uang pada masyarakat muslim di Kota Palembang. Sedangkan, secara parsial variabel akses informasi tidak berpengaruh signifikan terhadap minat berwakaf uang pada masyarakat muslim di Kota Palembang. Berdasarkan hasil uji F variabel religiusitas, pendapatan dan akses informasi berpengaruh signifikan terhadap minat berwakaf uang pada masyarakat muslim di Kota Palembang, dibuktikan dengan nilai sig. 0,00 < 0,05 dan nilai koefisien determinasi R2 pada penelitian ini diperoleh nilai adjusted R square sebesar 0.299 atau 29,9%. Kata kunci : Religiusitas, Pendapatan, Akses Informasi, Minat Berwakaf Uang, Analisis Regresi Linear Berganda.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Religiusitas, Pendapatan, Akses Informasi, Minat Berwakaf Uang, Analisis Regresi Linear Berganda.
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: TIARA FADHILA ADINDA 1920602047
Date Deposited: 22 Aug 2023 04:19
Last Modified: 22 Aug 2023 04:19
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/29882

Actions (login required)

View Item View Item