Pengembangan Instrumen Evaluasi Tipe Soal Pilihan Ganda Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Materi Jaringan Hewan Kelas XI SMA/MA

Dwi Utami, Anindhia (2023) Pengembangan Instrumen Evaluasi Tipe Soal Pilihan Ganda Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Materi Jaringan Hewan Kelas XI SMA/MA. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (118kB) | Preview

Abstract

Instrumen evaluasi berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) merupakan salah satu alat yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen evaluasi berbasis HOTS yang valid serta reliabel yang ditinjau dari segi validitas dari ahli, validitas butir soal, reliabilitias, tingkat kesukaran, daya pembeda dan daya pengecoh. metode pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE. uji coba yang dilakukan secara terbatas dengan melibatkan 2 kelas yaitu XI IPA 1 dan XI IPA 2 SMA Negeri 08 OKU. hasil validitas para ahli baik validitas konstruk, validitas materi, dan validitas bahasa diperoleh rata-rata nilai 91,6% dengan kategori sangat valid, hasil uji validitas intsrumen memperoleh nilai 0,75 dengan interprestasi validitas tinggi, reliabilitas diperoleh yaitu 0,85% yang menunjukan bahwa tingkat reliabilitas instrumen yang dikembangkan sangat tinggi mencakup 25 soal yang valid dan 5 soal yang tidak valid, tingkat kesukaran butir soal HOTS diperoleh 5 butir soal dengan kategori “sukar”, 24 butir soal kategori “sedang”, dan 1 butir soal kategori “sangat mudah”, daya pembeda butir soal HOTS memperoleh hasil 2 butir soal dengan daya pembeda “jelek”, 12 butir soal dengan daya pembeda “cukup”, 9 butir soal dengan daya pembeda “baik”, dan 7 butir soal dengan daya pembeda “baik sekali”, dan daya pengecoh butir soal HOTS memperoleh hasil 3 butir soal pengecohnya tidak berfungsi, 22 butir soal beberapa pengecoh berfungsi, dan 5 butir soal semua pengecoh berfungsi. dari hasil yang diperoleh instrumen soal HOTS materi jaringan hewan yang telah dikembangkan termasuk instrumen yang valid dan reliabel.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Instumen penilaian, HOTS, Soal Pilihan Ganda, Jaringan hewan
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FITK
Date Deposited: 01 Sep 2023 08:15
Last Modified: 01 Sep 2023 08:15
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/30282

Actions (login required)

View Item View Item