Tasya, Andini Anas (2023) PELAKSANAAN TES FORMATIF (PENILAIAN FORMATIF/ASSESSMENT FORMATIF) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 14 MESUJI. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.
|
Text
Cover-1.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak-1.pdf Download (427kB) | Preview |
|
Text
Bab I.pdf Restricted to Registered users only Download (692kB) | Request a copy |
||
Text
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (766kB) | Request a copy |
||
Text
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (756kB) | Request a copy |
||
Text
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (980kB) | Request a copy |
||
Text
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (489kB) | Request a copy |
||
|
Text
Dapus.pdf Download (454kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena pada pengamatan awal di SMP Negeri 14 Mesuji, terdapat permasalahan mengenai pelaksanaan tes formatif (penilaian formatif/assessment formatif) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 14 Mesuji. Adapun permasalahannya yaitu tes formatif masih jarang digunakan karena masih bersifat sumatif, keterbatasan waktu, dan ada bebarapa siswa yang tidak menyukai pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan guna mengetahui pelaksanaan tes formatif (penilaian formatif/assessment formatif) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 14 Mesuji. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif. Dimana data primer dan sekunder diperoleh dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti mewawancarai kepala sekolah, waka kurikulum, guru Pendidikan Agama Islam, dan siswa. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan tes formatif (penilaian formatif/assessment formatif) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 14 Mesuji sudah diterapkan dengan cukup baik tetapi kurang maksimal karena terkadang tidak dilaksanakan secara terus menerus. Bentuk pelaksanaan tes formatif yang dilakukan yaitu tanya jawab atau kuis, dan ulangan harian. Faktor pendukung dalam pelaksanaan tes formatif ini yaitu guru-gurunya masih muda sehingga kemampuannya tidak diragukan, mudah dilaksanakan, bersifat objektif, dan tes formatif mudah dijangkau. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kemampuan guru yang berbeda-beda, keterbatasan waktu, kurangnya kesadaran diri siswa dalam belajar, dan kurang efektifnya aspek pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelaksanaan, Tes Formatif, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | ANDINI ANAS TASYA 1930202219 |
Date Deposited: | 18 Sep 2023 05:02 |
Last Modified: | 04 Oct 2023 01:12 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/30748 |
Actions (login required)
View Item |