PELAKSANAAN TES FORMATIF (PENILAIAN FORMATIF/ASSESSMENT FORMATIF) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 14 MESUJI

Tasya, Andini Anas (2023) PELAKSANAAN TES FORMATIF (PENILAIAN FORMATIF/ASSESSMENT FORMATIF) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 14 MESUJI. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Cover-1.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak-1.pdf

Download (427kB) | Preview
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (692kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (766kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (756kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (980kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Dapus.pdf

Download (454kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena pada pengamatan awal di SMP Negeri 14 Mesuji, terdapat permasalahan mengenai pelaksanaan tes formatif (penilaian formatif/assessment formatif) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 14 Mesuji. Adapun permasalahannya yaitu tes formatif masih jarang digunakan karena masih bersifat sumatif, keterbatasan waktu, dan ada bebarapa siswa yang tidak menyukai pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan guna mengetahui pelaksanaan tes formatif (penilaian formatif/assessment formatif) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 14 Mesuji. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif. Dimana data primer dan sekunder diperoleh dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti mewawancarai kepala sekolah, waka kurikulum, guru Pendidikan Agama Islam, dan siswa. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan tes formatif (penilaian formatif/assessment formatif) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 14 Mesuji sudah diterapkan dengan cukup baik tetapi kurang maksimal karena terkadang tidak dilaksanakan secara terus menerus. Bentuk pelaksanaan tes formatif yang dilakukan yaitu tanya jawab atau kuis, dan ulangan harian. Faktor pendukung dalam pelaksanaan tes formatif ini yaitu guru-gurunya masih muda sehingga kemampuannya tidak diragukan, mudah dilaksanakan, bersifat objektif, dan tes formatif mudah dijangkau. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kemampuan guru yang berbeda-beda, keterbatasan waktu, kurangnya kesadaran diri siswa dalam belajar, dan kurang efektifnya aspek pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan, Tes Formatif, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: ANDINI ANAS TASYA 1930202219
Date Deposited: 18 Sep 2023 05:02
Last Modified: 04 Oct 2023 01:12
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/30748

Actions (login required)

View Item View Item