PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PAI DI MI NAJAHIYAH PALEMBANG

Apriani, Apriani (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PAI DI MI NAJAHIYAH PALEMBANG. Masters thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
BAB FIXX.docx

Download (2MB)
[img] Text
BAB FIXX.docx
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya dalam penggunaan metode pembelajaran yang variasi, sehingga membuat sebagian siswanya kurang bersemangat, cenderung pasif dan kurangnya motivasi dalam belajar. Oleh karena itu, perlu digunakannya metode pembelajaran yang menarik supaya lebih bersemangat dan aktif dalam belajar, serta harus memiliki motivasi untuk lebih percaya diri... Hasil pada penelitian ini menunjukkan: (1) pada pelaksanaan penerapan model Make A Match dalam penelitian ini, yaitu pertama guru menyiapkan kartu yang berisikan konsep/topik tiap siswa mendapat bagian kartu soal dan kartu jawaban, guru meminta siswa memikirkan jawaban atau soal yang dipegang, kemudian siswa mencari pasangan kartu yang cocok dengan kartu yang pegang siswa, setelah siswa mencocokkan dengan batas waktu yang telah di tentukan maka guru akan memberikan poin kepada siswa, sebaliknya jika siswa tidak dapat mencocokan dengan batas waktu yang telah ditentukan makan siswa tersebut mendapatkan sanksi yang telah disepakati, setelah permainan selesai guru mengavaluasi kembali materi yang telah dijelaskan tadi dan guru mengakhiri pembelajarannya. (2) minat siswa terhadap pelaksanaan model pembelajaran Make A Match dapat melatih persiapan belajar, memahami dan mengerti tentang mata pelajaran Al-Qur’an Hadist, meningkatkan keberanian dalam bertanya kepada teman maupun guru, dapat menjawab pertanyaan dari teman maupun guru, mampu bekerja sama sesama teman lainnya dan memiliki rasa tanggung jawab. (3) Penerapan model Make A Match berpengaruh yang sinifikan terhadap minat belajar siswa dengan 75,56 meningkat menjadi 77,76 dan berdasarkan uji t mendapatkan nilai adalah 2,04 < 5,108 > 2,75 dan diliat dari nilai signifikannya (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05. Unutk hasil belajar ada pengaruh yang siginifikan dengan skor 48 meningkat menjadi 61 dan berdasarkan uji t mendapatkan nilai adalah 2,04 <6,040 > 2,75 dan dilihat dari nilai signifikan (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05. Kata Kunci: Model Make A Match, Minat Belajar, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Model Make A Match, Minat Belajar, Hasil Belajar
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > 86130 - Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: APRIANI 2030211010
Date Deposited: 18 Sep 2023 05:02
Last Modified: 04 Oct 2023 01:09
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/30791

Actions (login required)

View Item View Item