Melati, Riska Aulia (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS SUMBER (RESOURCE BASEDLEARNING) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN BELAJAR SISWA KELAS V DI SD NEGERI 161 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.
|
Text
Coverr.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
Abstract.pdf Download (7kB) | Preview |
|
Text
Bab1.pdf Restricted to Registered users only Download (491kB) | Request a copy |
||
Text
Bab 2 .pdf Restricted to Registered users only Download (390kB) | Request a copy |
||
Text
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (606kB) | Request a copy |
||
|
Text
Bab 4.pdf Download (717kB) | Preview |
|
Text
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) | Request a copy |
||
|
Text
Daftarpustaka.pdf Download (305kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran berbasis sumber (Resource Based Learning) adalah suatu pembelajaran yang dirancang untuk memudahkan siswa dalam mengatasi keterampilan siswa tentang keanekaragaman sumber belajar yang dimanfaatkan untuk belajar serta membangun pemahaman siswa melalui interaksi dengan berbagai sumber belajar baik cetak, non cetak, maupun orang. Penelitian ini membahas tentang penerapan pembelajaran berbasis sumber (Resource Based Learning) untuk meningkatkan pemahaman siswa di SD Negeri 161 Palembang. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemahaman siswa sebelum dan sesudah diterapkannya pembelajaran berbasis sumber (Resource Based Learning). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain Pre- Experimental Design dengan teknik penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Dengan sampel penelitian 35 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan pemahaman siswa dalam belajar melalui penrapan pembelajaran berbasis sumber (Resource Based Learning). Pemahaman Siswa pada kelas Pretest bisa dilihat dari nilai dengan hasil presentasi sekor tertinggi sebanyak 8,57% dengan interval >75, kategori sedang 71,42% dengan interval 51-75, dan kategori rendah 20% dengan interval<51. Kemudian pada kelas Posttest tinggi, dibuktikan dengan 14,28% dengan interval >92, kategori sedang 74,28% dengan interval 74-92, dan kategori rendah 11,42% dengan interval <74. Dari statistik data tersebut maka pembelajaran berbasis sumber (Resource Based Learning) bisa meningkatkan pemhaman siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Berbasis Sumber, Pemahaman Siswa |
Subjects: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | RISKA AULIA MELATI 1920202057 |
Date Deposited: | 25 Sep 2023 07:21 |
Last Modified: | 25 Sep 2023 07:21 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/31023 |
Actions (login required)
View Item |