PENDEKATAN KONSELING REALITAS UNTUK MENINGKATKAN PENERIMAAN DIRI PADA REMAJA (Studi Kasus Pada Klien “M’ Di Panti Asuhan Bunda Banyuasin)

Aurelia, Anisa (2023) PENDEKATAN KONSELING REALITAS UNTUK MENINGKATKAN PENERIMAAN DIRI PADA REMAJA (Studi Kasus Pada Klien “M’ Di Panti Asuhan Bunda Banyuasin). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Cover Anisa Aurelia.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Anisa Aurelia.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka Anisa Aurelia.pdf

Download (151kB) | Preview
[img] Text
BAB I Anisa Aurelia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II Anisa Aurelia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III Anisa Aurelia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV Anisa Aurelia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V Anisa Aurelia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pendekatan Konseling Realitas Untuk Meningkatkan Penerimaan Diri Pada Remaja (Studi Kasus Pada Klien “M’ Di Panti Asuhan Bunda Banyuasin)”. Penelitian ini bertujuan untuk membantu meningkatkan penerimaan diri dan mengetahui konseling individu (studi kasus) dalam penerapan pendekatan konseling realitas dalam meningkatkan penerimaan diri pada remaja di panti asuhan. Metode penelitian ini field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Subjek penelitian ini yaitu salah satu remaja di Panti asuhan Banyuasin yakni, klien “M”. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data, perjodohan pola, pembentukan eksplanasi dan analisis deret waktu. Hasil penelitian diperoleh gambaran penerimaan diri dari klien M adalah, kurang percaya akan kemampuan diri, kurang dalam menerima tanggung jawab, kurang berpendirian yang kuat, kurang dalam menyadari keterbatasannya serta kurang dalam perasaan sederajat dengan orang lain. Setelah dilakukannya proses konseling dalam 5 kali pertemuan dan menggunakan 8 tahap dalam pendekatan konseling realitas, Sehingga diperoleh hasil, remaja sudah mulai menerima kemampuan yang ada pada dirinya, remaja sudah mulai bisa percaya dalam mengemban amanah dengan baik, remaja mulai belajar untuk mempunyai pendirian yang baik, remaja mulai menerima segala keterbatasan yang ada pada dirinya, dan remaja mulai menerima bahwa kita di mata Allah derajatnya sama.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Konseling Realitas, Penerimaan Diri, Remaja Panti Asuhan
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: ANISA AURELIA 1920502049
Date Deposited: 02 Oct 2023 01:26
Last Modified: 02 Oct 2023 01:26
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/31227

Actions (login required)

View Item View Item