ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR TRADISIONAL DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS PASAR KAMIS DESA BUMI MAKMUR KABUPATEN MUSI RAWAS)

NENGSIH, NENGSIH (2023) ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR TRADISIONAL DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS PASAR KAMIS DESA BUMI MAKMUR KABUPATEN MUSI RAWAS). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (6kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB) | Preview

Abstract

Pasar tradisonal memegang peran penting sebagai titik tumpu perekonomian masyarakat, keberadaan pasar tradisonal merupakan salah satu sektor penting yang mendukung perekonomian rakyat. Namun keadaan yang ada pasar tradisional indentik dengan citra negatif. Untuk itu, agar bisa bersaing dengan pasar modern dan mampu terus beroperasi diperlukannya pengembangan pasar berupa revitalisasi. Revitalisasi pasar tradisonal yang dilakukan diharapkan tidak hanya berdampak pada perbaikan aspek fisik pasar tetapi berdampak terhadap aspek manajemen serta aspek ekonomi dengan tujuan dapat mengembangkan penghasilan pedagang. Penelitian ini membahas tentang strategi pengembangan pasar tradisioanal (pasar kamis) di desa Bumi Makmur Kabupaten Musi Rawas. Penelitian ini dilakukan di pasar tradisional Bumi Makmur dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan menggunakan data primer dan sekunder dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui cara pengamatan (observasi), wawancara dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini yaitu menunjukan bahwa keberadaan pasar tradisonal Bumi Makmur berperan penting bagi masyarakat, dengan letak yang strategis di tengah-tengah desa. Pengembangan pasar tradisional (pasar kamis) desa Bumi Makmur dilakukan program revitalisasi pasar oleh pemerintah desa untuk memperbaiki kios-kios dan jalanan di pasar sehingga para pedagang lebih nyaman saat berjualan dengan adanya program revitalisasi yang dilakukan pemerintah desa sehingga membuat lingkungan pasar lebih bersih dan tata letak kios-kios di pasar lebih tertata rapi dari sebelumnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Ekonomi, Strategi, Pengembangan Pasar Tradisional
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: NENGSIH 1930602202
Date Deposited: 09 Oct 2023 02:50
Last Modified: 09 Oct 2023 02:50
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/31464

Actions (login required)

View Item View Item