Sistem Bagi Hasil Dalam Kerjasama Merawai Ikan Perspektif Hukum Ekonomi Syariah (Studi Di Desa Sungsang Kecamatan Banyuasin II Kabupaten Banyuasin)

Ronaldi, Aguscik (2023) Sistem Bagi Hasil Dalam Kerjasama Merawai Ikan Perspektif Hukum Ekonomi Syariah (Studi Di Desa Sungsang Kecamatan Banyuasin II Kabupaten Banyuasin). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Slideshow
SKRIPSI FIKS AGUSCIK RONALDI (18).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI AGUSCIK RONALDI.docx

Download (30kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FIKS AGUSCIK RONALDI (18)_compressed.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FIKS AGUSCIK RONALDI (17).pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
identifier_continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F12g5i8NNVQAokICmREDUDz9LK1ho1IRnJ%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F12g5i8NNVQAokICmREDUDz9LK1ho1IRnJ%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link

Download (634kB)

Abstract

Bagi hasil adalah suatu sistem pengolahan dana dalam perekonomian Islam yakni pembagian hasil usaha antara pemilik modal (shahibul maal) dan pengelola (mudharib). Sistem bagi hasil dalam kerjasama merawai ikan yang dilakukan di Desa Sungsang II telah berlangsung secara turun-temurun yang mana kerjasama dilakukan oleh pemilik perahu dengan anak buah nelayan dengan ketentuan seluruh modal berasal dari pemilik perahu, yang mana pada sistem bagi hasil ini seluruh kerugian dibebankan kepada anak buah nelayan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sistem kerjasama merawai ikan di Desa Sungsang II dan bagaimana tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap praktik bagi hasil dalam kerjasama merawai ikan di Desa Sungsang II Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Karena penelitian ini dilakukan dilapangan yaitu tentang praktik bagi hasil dalam kerjasama merawai ikan di Desa Sungsang II. Maka dari itu data yang diperoleh berupa dari buku-buku, jurnal, internet ataupun wawancara langsung dengan pihak yang terlibat dalam praktik kerjasama merawai ikan ini. Adapun untuk mengumpulkan data penulis menggunakan metode data primer dan sekunder, yakni metode analisis dengan mendeskripsikan suatu situasi tertentu bersifat faktual secara langsung, sistematis dan akurat melalui tahap-tahap mencari fakta-fakta yang ada relevansinya dengan “Sistem Bagi Hasil Dalam Kerjasama Merawai Ikan Perspektif Hukum Ekonomi Syariah (Studi di Desa Sungsang II Kecamatan Banyuasin II Kabupaten Banyuasin)”. Kemudian ditelaah untuk diambil kesimpulan secara deduktif. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu pelaksanaan kerjasama bagi hasil dalam merawai ikan antara pemilik perahu dan nelayan telah berlangsung secara turun-temurun di Desa Sungsang II. Dengan ketentuannya seluruh modal serta biaya operasional dalam menggerakan perahu ditanggung 100% oleh pemilik perahu. Sementara nelayan berperan sebagai pekerja yang melaut merawai ikan. Kemudian jika didapati penghasilan lebih banyak dari jumlah modal yang dikeluarkan maka dilakukan pembagian hasil, sebaliknya jika mengalami kerugian, maka kerugian tersebut ditanggung oleh nelayan. pada praktik semacam ini pemilik perahu telah melanggar kewajiban sebagai shahibul mal yang mana artinya praktik bagi hasil dalam kerjasama merawai ikan di Desa Sungsang II tidak sesuai berdasarkan konsep mudharabah dalam Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Bagi Hasil, Kerjasama, Merawai, Muamalah
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: AGUSCIK RONALDI 1920104056
Date Deposited: 24 Nov 2023 01:26
Last Modified: 24 Nov 2023 01:26
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/32899

Actions (login required)

View Item View Item