Ariska, Anggra (2023) Pelaksanaan Remedial Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SMP Nurul Amal Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
COVER.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (516kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (368kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (513kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (325kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (308kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk dapat menjawab pertanyaan bagaimana pelaksanaan remedial teaching untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Nurul Amal, apa faktor pendukung dan penghambat remedial teaching untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Nurul Amal Palembang. Remedial teaching merupakan suatu pengajaran yang ditujukan guru untuk peserta didik yang dijumpai kesulitan dalam proses pembelajaran yang sifatnya membantu atau memperbaiki kearah yang lebih baik lagi sesuai dengan yang diharapkan. Pembelajaran remedial ini bukan sekedar melaksanakan ulangan untuk memperbaiki nilai, melainkan suatu proses pembelajaran kembali pada materi yang belum dikuasai peserta didik. Dalam pembelajaran remedial juga dapat membantu siswa dalam menambah pengetahuan atau kognitif siswa mengenai materi-materi yang berikan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru PAI di SMP Nurul Amal palembang dan siswa siswi SMP Nurul Amal palembang yang terlibat dalam remedial teaching. Dimana tiap individu bisa memberikan data dan informasi yang berhubungan dengan penelitian ini. Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawacara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya remedial teaching yang dilaksanakan di SMP Nurul Amal Palembang sudah berjalan dengan efektif. Keberhasilan itu terbukti dengan adanya peningkatan nilai siswa setelah diberikan remedial. Adapun faktor pendukungnya yaitu kelengkapan sarana dan prasarana dalam pelaksanaan remedial serta siswa siswi yang mengikuti remedial. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu waktu. Waktu yang diberikan kurang tepat, karena pelaksanaan remedialnya diadakan 30 menit sebelum pergantian mata pelajaran. Kata kunci: Pelaksanaan, Remedial Teaching, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelaksanaan, Remedial Teaching, Hasil Belajar |
Subjects: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | ANGGRA ARISKA 1920202045 |
Date Deposited: | 28 Nov 2023 00:42 |
Last Modified: | 28 Nov 2023 00:42 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/33025 |
Actions (login required)
View Item |