EFEKTIVITAS E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI VIRUS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Fadhil, MUHAMMAD (2024) EFEKTIVITAS E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI VIRUS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrac.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (6kB) | Preview
[img] Text
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB) | Request a copy
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (243kB) | Preview

Abstract

E-Modul berbasis Problem Based Learning (PBL) merupakan suatu pendekatan untuk mengajar peserta didik dalam mengembangkan keterampilan berpikir dan keterampilan dalam memecahkan masalah, dan memerlukan peranan orang dewasa untuk mengawasi peserta didik dalam belajar mandiri. Penelitian ini membahas observasi awal yang telah didapatkan di SMA Sjakhyakirti Palembang, diperoleh informasi bahwa dalam proses pembelajarannya guru menggunakan media Power Point (PPT) dan menggunakan buku paket di kelas. Guru telah melakukan berbagai upaya dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran Biologi, namun masih terdapat beberapa kendala. Kendala yang dialami guru diantaranya, kurangnya buku, waktu, biaya, bahan dan alat-alat praktik. Sehingga guru kesulitan untuk mengontrol siswa sehingga banyak siswa yang sulit untuk memahami materi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Metode Eksperimen adalah metode penelitian yang di lakukan dengan percobaan, yang merupakan metode kuantitatif, digunakan untuk mengetahui pengaruh variable independen terhadap variable dependen dalam kondisi yang terkendalikan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data maka dapat disampulkan bahwa, hasil uji t sampel independen yaitu koefesien korelasi antara variable Problem Based Learning (PBL) dan variable hasil belajar siswa adalah 0,976 dan signifikan 2-tailed lebih kecil dari 0,05 menunjukkan bahwa penggunaan Problem Based Learning (PBL) memiliki efektivitas yang signifikan terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: E-Modul; Hasil Belajar; Problem Based Learning; virus; Metode Eksperimen.
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: MUHAMMAD FADHIL 2020207071
Date Deposited: 07 Feb 2024 06:15
Last Modified: 07 Feb 2024 06:15
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/35068

Actions (login required)

View Item View Item