PENERAPAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK DIREKTIF TERHADAP KEJENUHAN BELAJAR SANTRI PONDOK PESANTREN AL-HAROMAIN SEMENDE DARAT LAUT KABUPATEN MUARA ENIM

yunika, oktarina (2023) PENERAPAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK DIREKTIF TERHADAP KEJENUHAN BELAJAR SANTRI PONDOK PESANTREN AL-HAROMAIN SEMENDE DARAT LAUT KABUPATEN MUARA ENIM. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
cover yunika .pdf

Download (30kB)
[img] Text
cover yunika .pdf

Download (30kB)
[img] Text
ABSTRAK yunika.pdf

Download (55kB)
[img] Text
ABSTRAK yunika.pdf

Download (55kB)
[img] Text
bab 1 yunika.pdf

Download (222kB)
[img] Text
bab 2 yunika.pdf

Download (228kB)
[img] Text
bab 3 yunika.pdf

Download (232kB)
[img] Text
bab 4 yunika.pdf

Download (355kB)
[img] Text
bab 5 yunika.pdf

Download (9kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Penerapan Konseling Kelompok Dengan Teknik Direktif Terhadap Kejenuhan Belajar Santri Pondok Pesantren Alharomain Semende Darat Laut Kabupaten Muara Enim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran kejenuhan belajar santri pondok pesanren alharomain dan bagaimana penerapan konseling kelompok terhadap kejenuhan belajar santri pondok pesantren alharomain. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini berjumlah lima orang santri kelas IV Ibtida’iyah pondok pesantren alharomain yang merasakan kejenuhan belajar dalam dirinya. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dukomentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian bahwa gambaran kejenuhan yang di alami santri terdapat beberapa aspek diantaranya ialah kelelahan emosional akibat tuntutan berlebihan. Hasil dari penerapan layanan konseling kelompok dengan teknik direktif terhadap kejenuhan belajar santri pondok pesantren alharomain dengan cara menanamkan kepercayaan diri dan memberikan motivasi untuk menciptakan hal-hal yang baru dalam proses pembelajaran sehingga terjadi perubahan prilaku pada santri sesuai yang diinginkan. Maka dapat disimpukan bahwa konseling kelompok dengan teknik direktif dapat mengatasi kejenuhan belajar yang ada dalam diri santri. Kata kunci : konseling kelompok, teknik direktif, kejenuhan belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: YUNIKA OKTARINA 1930502107
Date Deposited: 06 May 2024 01:22
Last Modified: 06 May 2024 01:22
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/35785

Actions (login required)

View Item View Item