PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATERI PENJUMLAHAN PECAHAN BERPENYEBUT SAMA BERBASIS LITERASI NUMERASI DENGAN ISPRING 11

Putri Jannah, Hafizah (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATERI PENJUMLAHAN PECAHAN BERPENYEBUT SAMA BERBASIS LITERASI NUMERASI DENGAN ISPRING 11. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Cover.pdf

Download (361kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (222kB)
[img] Text
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, serta efek potensial dari media pembelajaran materi penjumlahan pecahan berpenyebut sama berbasis literasi numerasi dengan iSpring 11. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan menggunakan model Tessmer yang terdiri dari tahap preliminary dan formative evaluation. Pada tahap preliminary dilakukan persiapan dan pendesainan produk, selanjutnya tahap formative evaluation melalui tahap self evaluation, expert review, one to one, small group, dan field test. Materi yang digunakan yaitu materi penjumlahan pecahan berpenyebut sama. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, wawancara, dan tes. Dengan angket terdiri dari angket kevalidan dan agket kepraktisan. Data kevalidan didapatkan dari komentar dan saran dari ahli/pakar. Data kepraktisan diperoleh dari angket dan wawancara peserta didik yang dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Data efek potensial didapatkan dari hasil tes peserta didik pada tahap field test. Subjek penelitian yang digunakan yaitu peserta didik kelas VII di SMP Negeri 46 Pelembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran dinyatakan valid pada tahap expert review, praktis pada tahap one to one, small group, dan field test, serta memiliki efek potensial pada tahap field test. Kata kunci: Media pembelajaran, Penjumlahan pecahan berpenyebut sama, Literasi numerasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Penjumlahan pecahan berpenyebut sama, Literasi numerasi.
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
500 Sains dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: HAFIZAH PUTRI JANNAH 2020206034
Date Deposited: 15 Mar 2024 01:20
Last Modified: 15 Mar 2024 01:20
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/36082

Actions (login required)

View Item View Item