PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBENTUK LUDO BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA KELAS VIII SMP

-, JUMISARI (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBENTUK LUDO BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA KELAS VIII SMP. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Inggris.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstak Indonesia.pdf

Download (240kB) | Preview
[img] Text
Bab_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text
Bab_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text
Bab_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text
Bab_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB) | Request a copy
[img] Text
Bab_5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (277kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tentang pengembangan media pembelajaran biologi berbentuk Ludo Berbasis Keterampilan Proses Sains (KPS) pada materi sistem pernapasan kelas VIII. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan(Research and Development) dengan menerapkan model pengembangan Rowntree yang terdiri dari 3 tahapan yakni tahap perencanaan, pengembangan, dan evaluasi. Namun dalam penelitian ini tidak menggunakan evaluasi Rowntree melainkan menggunakan evaluasi Tessmer yang terdiri dari self evaluation, expert review, one to one, dan small group. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang valid dan praktis. Penelitian ini dilaksankan di SMPN 57 Palembang pada bulan Oktober-November 2023 dengan populasi peserta didik kelas VIII.3. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara melakukan observasi, wawancara, dan angket yang diberikan kepada 4 orang validator yaitu ahli materi, ahli bahasa, ahli media, dan ahli KPS. Angket praktikalitas 1 orang guru ipa, 3 orang peserta didik (uji coba one to one), 20 orang peserta didik (uji coba small group). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Ludo berbasis keterampilan proses sains ini telah divalidasi oleh empat validator dengan presentasi ahli materi 92%, ahli bahasa 95%, ahli media 85% dan ahli KPS 91%. Sedangkan hasil uji kepraktisan pada tenaga pendidik, one-to-one dan small group didapatkan rata-rata angket yakni 82% . Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Ludo ini sangat Valid dan sangat praktis digunakan sebagai media pembelajaran biologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Ludo,KPS,Media Pembelajaran
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Sains dan Teknologi > Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Jumisari - -
Date Deposited: 03 May 2024 03:27
Last Modified: 03 May 2024 03:27
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/36978

Actions (login required)

View Item View Item