PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARSISWA PADA MATA PELAJARANPENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VII.6 DI SMP UNGGUL NEGERI 4 PALEMBANG

Fariza Hanum, Nim. 14210285 (2019) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARSISWA PADA MATA PELAJARANPENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VII.6 DI SMP UNGGUL NEGERI 4 PALEMBANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img]
Preview
Text
Halaman Judul.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (737kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini yaitu, sebagian guru PAI di SMP Unggul Negeri 4 Palembang masih menggunakan model dan metode yang konvensional seperti ceramah dll., sehingga membuat siswa bosan, kurang memahami pelajaran dan di lihat nilai hasil belajarnya bahwasanya nilai ulangan harian siswa Kelas VII.6 35% masih di bawah rata-rata ketuntasan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana penerapan strategi pembelajaran peta konsep?,bagaimana hasil belajar siswa sebelum dan setelah di terapkannya strategi pembelajaran peta konsep?, dan apakah penerapan strategi pembelajaran peta konsepdapat meningkatkan hasil belajarsiswa ? Pada mata pelajaran PAI kelas VII.6 di SMP Unggul Negeri 4 Palembang. Tujuan penelitian ini adalahuntuk mengetahui apakah penerapan strategi pembelajaran peta konsepdapat meningkatkan hasil belajarsiswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islamkelas VII.6 di SMP Unggul Negeri 4 Palembang. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen. Jenis data kuantitatif yaitu jumlah guru, siswa, sarana dan prasarana dan data hasil analisa tes sebelum dan sesudah menggunakan metode eksperimen pada hasil belajar siswa. Sumber data primer adalah siswa-siswi kelas VII.6 SMP Unggul Negeri 4 Palembang. Sedangkan sumber data sekunder adalah dokumentasi serta literatur-literatur. Populasi pada penelitian ini adalah jumlah seluruh siswa kelas VII berjumlah 295 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah teknik purposive samplingsampel yang ditentukan sendiri yaitu kelas VII 6 berjumlah 29 siswa. Data diperoleh dengan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Terlebih dahulu data dikumpulkan, kemudian direkapitulasi, selanjutnya dianalisis dengan statistik yaitu dengan menggunakan rumus mean, SDR, dan persentase, serta UJi T. Hasil penelitian ini adalah : pertama, hasil belajar siswa sebelum diterapkanstrategi pembelajaranpeta konsep, yang mendapatkan nilai tinggi 5 orang siswa (17,2%), yang mendapatkan nilai sedang 18 orang siswa (62,1%), dan yang mendapatkan nilai rendah 6 orang siswa (20,7%). Kedua, hasil belajar siswa setelah diterapkan strategi pembelajaranpeta konsep, yang mendapatkan nilai tinggi 8 orang siswa (27,6%), yang mendapatkan nilai sedang 17 orang siswa (58,6%), dan yang mendapatkan nilai rendah 4 orang siswa (13,8%). Ketiga, dari hasil uji t = t o lebih besar dari pada t t ditunjukkan dengan nilai t t 2,763 < 5,136 > 2,048 maka terdapat peningkatan yang signifikan antara hasil belajar siswa sesudah dengan sebelum diterapkan strategi pembelajaran peta konsep padamatapelajaranPAI materi iman kepada Malaikat Allah SWT. di kelas VII.6 SMP Unggul Negeri 4 Palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Mar 2019 07:15
Last Modified: 27 Mar 2019 07:15
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/3847

Actions (login required)

View Item View Item