ANALISIS PENGGUNAAN TAGAR SEBAGAI GERAKAN SOSIAL DALAM MENENTUKAN OPINI PUBLIK PADA MEDIA SOSIAL “TWITTER” (STUDI PADA HASTAG #SahkanRUUPKS)

Kusniawati, Gina (2024) ANALISIS PENGGUNAAN TAGAR SEBAGAI GERAKAN SOSIAL DALAM MENENTUKAN OPINI PUBLIK PADA MEDIA SOSIAL “TWITTER” (STUDI PADA HASTAG #SahkanRUUPKS). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
Cover.pdf

Download (63kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (38kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB II TINJAUAN TEORI.pdf

Download (411kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (31kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (86kB)

Abstract

Kemajuan teknologi komunikasi saat ini telah menghadirkan sebuah inovasi seperti layanan jejaring sosial atau sosial media. Sosial media bukan hanya dijadikan sebagai media hiburan semata namun penggunanya memanfaatkannya sebagai media dalam membentuk opini publik dan dengan secara langsung membagikannya pada media sosial. Tentunya opini publik yang disampaikan oleh komunikator kepada komunikan (khalayak) harus tersampaikan dengan baik dan dipahami sehingga nantinya akan membentuk sebuah ruang diskusi. Diperlukannya sebuah media untuk menyampaikan opini dan juga menjadi ruang diskusi bagi para komunikator dan komunikan. Twitter merupakan salah satu media sosial yang menyediakan sebuah tempat untuk para penggunanya dalam menyampaikan opini, bertukar ide, wacana dan menarik simpati publik melalui fitur tweets (cuitan). Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu eksplorasi dan klarifikasi mengenai suatu fenomena atau kenyataan sosial dan Teknik pengambilandatapadapenelitianiniyaitumelakukanobservasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan menggunakan pendekatan analisis wacana kritis model Teun A. Van Dijk yang berguna untuk menganalisis teks berupa tweet yang bersangkutan dengan tagar #SahkanRUUPKS Tipe penelitian ini digunakan untuk menggambarkan realitas yang sedang terjadi pada para pengguna twitter yang peduli terhadap isu-isu yang sedang berkembang seperti kasus kekerasan seksual ini. Terbukti dengan dibuatnya tagar #SahkanRUUPKS dan Akun-akun yang mencuitkan tweetnya melalui tagar #SahkanRUUPKS kesimpulannya terdapat tiga level dimensi yang digunakan dalam menunjukkan wacana dukungan terhadap pengesahan RUU penghapusan kekerasan seksual yaitu level teks, level KognisiSosial dan Level KonteksSosial selain itu juga kognisi sosial dan konteks sosial digunakan untuk melihat kesadaran sang penulis dalam menulis cuitan nya

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Tagar, Gerakan Sosial, Opini Publik
Subjects: 000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Media Massa, Jurnalisme, Publikasi
300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70202 - Jurnalistik
Depositing User: GINA KUSNIAWATI 1930503090
Date Deposited: 05 Jul 2024 03:58
Last Modified: 05 Jul 2024 03:58
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/38797

Actions (login required)

View Item View Item