PENERAPAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF CONTROL DALAM MENGATASI PERILAKU PROKRASTINASI MENGHAFAL AL- QUR’AN PADA SANTRIWATI DI PONDOK PESANTREN AL-FURQON

Syahrani Ayu Alia, Rani (2024) PENERAPAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF CONTROL DALAM MENGATASI PERILAKU PROKRASTINASI MENGHAFAL AL- QUR’AN PADA SANTRIWATI DI PONDOK PESANTREN AL-FURQON. Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (767kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (644kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB) | Preview

Abstract

Pelajaran hafalan bukanlah pelajaran ekstrakurikuler seperti yang ada di sekolah merupakan kitab dan rujukan utama bagi umat islam dan umat islam wajib mengimaninya sebagai salah satu rukun iman. Salah satu cara mengimani kitab Allah SWT yaitu Al-Qur’an adalah dengan membaca dan memahami isinya sebagai pedoman bagi umat Islam guna mencapai keselamatan dan kebahagiaan dunia dan akhirat. Pondok Pesantren Modern Al-Furqon tempat menghafal Al-Qur’an merupakan salah satu bentuk kenaikan kelas dan syarat kelulusan. Para santri penghafal Al-Qur’an juga masih diwajibkan mengikuti sekolah formal, kegiatan organisasi, dan kegiatan yang diselenggarakan oleh pondok pesantren. Santri yang bersekolah di pesantren rata-rata berada pada rentang usia remaja dengan karakteristik yang beragam. Seperti halnya remaja pada umumnya, santri juga mempunyai permasalahan umum yang sering dihadapi, salah satunya adalah permasalahan belajar. Belajar merupakan suatu tugas yang wajib dilakukan oleh setiap individu, namun tidak semua individu mempunyai pengelolaan pembelajaran yang baik atau efektif, apalagi dalam masalah manajemen waktu, hal ini juga sering dialami oleh banyak siswa. Self Control merupakan kemampuan individu dalam membaca keadaan dirinya dan lingkungannya. Juga kemampuan mengendalikan dan mengelola faktor-faktor perilaku sesuai dengan situasi dan kondisi agar mampu menampilkan kepribadian yang baik dengan perilaku positif dalam menghafal Al-Qur’an. Self Control juga dapat membantu individu untuk mengendalikan emosi atau mengatur perilaku agar dapat beradaptasi dengan lingkungan ke arah positif dalam mengatasi permasalahan tersebut. Salah satunya rasa frustasi terjadi ketika menunda-nunda menghafal Al-Qur’an. Oleh karena itu melalui penelitian ini penulis akan mengkaji bagaimana penerapan konseling kelompok Teknik Self Control Dalam Mengatasi Perilaku Prokrastinasi Menghafal Al-Qur’an pada Santriwati di Pondok Pesantren Al-Furqon dengan metode penelitian kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa perkataan tertulis dan lisan dari orang-orang atau perilaku dan keadaan yang dapat diamati yang sedang terjadi. Kata Kunci : Konseling Kelompok, Pengendalian Diri, Penundaan, Hafalan Al Quran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Syahrani Ayu Alia
Date Deposited: 19 Jul 2024 01:14
Last Modified: 19 Jul 2024 01:14
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/39344

Actions (login required)

View Item View Item