PERTANGGUNGJAWABAN PELAKU TINDAK PIDANA PENIPUAN ONLINE GROUP ORDER (GO) MERCHANDISE K-POP DALAM PERSPEKTIF HUKUM PIDANA ISLAM

Octaviani, Nilawati (2024) PERTANGGUNGJAWABAN PELAKU TINDAK PIDANA PENIPUAN ONLINE GROUP ORDER (GO) MERCHANDISE K-POP DALAM PERSPEKTIF HUKUM PIDANA ISLAM. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Slideshow
Cover.pdf

Download (138kB)
[img] Slideshow
Abstrak.pdf

Download (127kB)
[img] Slideshow
Daftar Isi.pdf

Download (18kB)
[img] Slideshow
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB)
[img] Slideshow
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB)
[img] Slideshow
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)
[img] Slideshow
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img] Slideshow
Daftar Pustaka.pdf

Download (257kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Pertanggungjawaban Pelaku Tindak Pidana Penipuan Online Group Order (Go) Merchandise K-Pop Dalam Perspektif Hukum Pidana Islam. Ada dua hal yang diangkat untuk menjadi fokus dalam penelitian ini, yaitu yang pertama, Bagaimana Pertanggungjawaban Pelaku Tindak Pidana Penipuan Online Group Order (GO) Merchandise K-POP Menurut Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Dan yang kedua Bagaimana Perspektif Hukum Pidana Islam Terhadap Penipuan Online Group Order (GO) Merchandise K-POP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian normatif yaitu penelitian perpustakaan yang mengkaji berbagai dokumen. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder yang mencakup bahan hukum primer, sekunder dan tersier. Selanjutnya data dikumpulkan dengan cara studi kepustakaan (library research). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik deskriptif kualitatif yakni menguraikan, menyajikan, menggambarkan dan menjelaskan seluruh data yang telah di peroleh dengan mengklasifikasikan dan membandingkannya. Lalu disimpulkan secara deduktif yaitu menarik kesimpulan dari pernyataan yang bersifat umum ditarik menjadi pernyataan khusus. Pertanggungjawaban bagi pelaku tindak pidana penipuan group order merchandise k-pop dijatuhi dengan menggunakan pasal 378 KUHP dihubungkan (juncto) dengan pasal 45A ayat 1 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Dan tinjauan hukum pidana islam terhadap pelaku tindak pidana penipuan online group order merchandise k-pop merupakan pelanggaran atau kejahatan yang termasuk dalam jarimah ta’zir dan sudah seharusnya ditetapkan hukuman ta’zir, yakni jenis hukuman ukuran hukumnya diserahkan sepenuhnya kepada wewenang penguasa (hakim) sebagai pelajaran bagi pelakunya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Hukum Pidana Islam, Pertanggungjawaban, Penipuan, Merchandise K-Pop
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam (Jinayah)
Depositing User: NILAWATI OCTAVIANI 1730103156
Date Deposited: 26 Aug 2024 02:06
Last Modified: 26 Aug 2024 02:06
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/40486

Actions (login required)

View Item View Item