Strategi Humas PT Sinar Alam Permai Wilmar Mariana dalam Mengatasi Konflik Dengan Masyarakat di Kabupaten Banyuasin

Syawalludin, Bayu (2024) Strategi Humas PT Sinar Alam Permai Wilmar Mariana dalam Mengatasi Konflik Dengan Masyarakat di Kabupaten Banyuasin. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAYU SYAWALLUDIN.pdf

Download (159kB) | Preview
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (853kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang "Strategi Humas PT. Sinar Alam Permai Wilmar Mariana dalam Mengatasi Konflik dengan Masyarakat di Kabupaten Banyuasin". Humas adalah kegiatan yang tersusun, terprogram dan berkelanjutan, serta dilakukan oleh orang yang ahli dalam tata kelola komunikasi yang baik sehingga dapat menciptakan citra positif di masyarakat. Keberadaan humas sangat penting untuk menjembatani terciptanya hubungan dan sikap saling pengertian antara suatu lembaga dan masyarakat, salah satunya perusahaan PT. Sinar Alam Permai Wilmar dalam membantu proses kegiatan-kegiatannya yang ada didalam perusahaannya. Perusahaan ini bergerak di bidang pengolahan Industri kelapa sawit kasar menjadi minyak goreng dan mengolah inti sawit berlokasi di Jl. Sabar Jaya No. 21, Desa Prajin, Kecamatan Banyuasin I, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan . Rumusan masalah adalah bagaimana strategi humas PT. Sinar Alam Permai Wilmar Mariana dalam mengatasi konflik dengan masyarakat di kabupaten banyuasin. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana Strategi Humas PT. Sinar Alam Permai Wilmar Mariana dalam mengatasi Konflik dengan Masyarakat di Kabupaten Banyuasin. Penelitian ini menggunakan penelitian metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan pengumpulan informasi melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Adapun jumlah responden yang diwawancarai sebanyak 5 orang yang merupakan humas PT. Sinar Alam Permai Wilmar Mariana dan masyarakat setempat. Dari hasil penelitian, didapatkan bahwa strategi yang humas lakukan yaitu mulai dari tahap fact finding ialah menemukan dan mengumpulkan data awal permasalahan konflik antara perusahaan dan masyarakat , perencanaan meliputi Negosiasi yang telah disepakati oleh pihak humas dan masyarakat, komunikasi dilakukan secara lansung atau bertatap muka dengan masyarakat setempat untuk menyelesaikan masalah yang terjadi dan evaluasi dari perencanaan yang telah dibuat dari awal apakah berhasil atau tidak. Dengan mengimplementasikan teori ini maka strategi yang dilakukan PT. Sinar Alam Permai Wilmar Mariana sudah sangat baik yaitu melalui lobbiying dan kesepakatan bersama (Negosiasi). Pada akhirnya strategi yang dilakukan berhasil dalam meredam atau mengatasi konflik antara pihak perusahaan dan masyarakat hingga saat ini. Kata Kunci : Strategi, Humas, Mengatasi Konflik This thesis discusses "Public Relations Strategy of PT. Sinar Aalam Permai Wilmar Mariana in Overcoming Conflict with the Community in Banyuasin Regency". Public relations is an activity that is structured, programmed and sustainable, and carried out by people who are experts in good communication management so that it can create a positive image in society. The existence of public relations is very important to bridge the creation of relationships and mutual understanding between an institution and the community, one of which is the company PT. Sinar Alam Permai Wilmar in assisting the process of activities within the company. This company is engaged in processing crude palm oil into cooking oil and processing palm kernel located on Jl. Sabar Jaya No. 21, Prajin Village, Banyuasin I District, Musi Banyuasin Regency, South Sumatra. The problem formulation is how the public relations strategy of PT. Sinar Alam Permai Wilmar Mariana in overcoming conflicts with the community in Banyuasin district. The aim of this research is to find out how the Public Relations Strategy of PT. Sinar Aalam Permai Wilmar Mariana in overcoming conflict with the community in Banyuasin Regency. This research uses qualitative research methods with a descriptive approach and collecting information through observation, interviews, documentation. The number of respondents interviewed was 5 people who were public relations for PT. Sinar Alam Permai Wilmar Mariana and the local community. From the research results, it was found that the strategy carried out by public relations, namely starting from the fact finding stage, was to find and collect initial data on conflict problems between the company and the community, planning included negotiations that had been agreed upon by public relations and the community, communication was carried out directly or face to face with the community local area to resolve problems that occur and evaluate the plans that have been made from the start whether they were successful or not. By implementing this theory, the strategy carried out by PT. Sinar Alam Permai Wilmar Mariana has done very well, namely through lobbying and mutual agreements (Negotiations). In the end, the strategy implemented was successful in reducing or overcoming the conflict between the company and the community to date. Keywords: Strategy, Public Relations, Overcoming Conflict

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Humas, Mengatasi Konflik Strategy, Public Relations, Overcoming Conflict
Subjects: 000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Kumpulan Karya Umum, Kutipan, Koleksi Abstrak Umum
300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 360 Masalah dan layanan sosial > Masalah-masalah sosial dan kesejahteraan sosial
300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 360 Masalah dan layanan sosial > pelayanan sosial
300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: BAYU SYAWALLUDIN 2020501103
Date Deposited: 08 Oct 2024 01:27
Last Modified: 08 Oct 2024 01:27
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/41634

Actions (login required)

View Item View Item