Penerapan Model Pembelajaran Active Learning Based Interactive Conceptual Instruction (ALBICI) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI di SMA Negeri 12 Palembang

Maharani, Siti Lufia (2025) Penerapan Model Pembelajaran Active Learning Based Interactive Conceptual Instruction (ALBICI) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI di SMA Negeri 12 Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (115kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV..pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI di SMA Negeri 12 Palembang yang teridentifikasi dari hasil observasi awal. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa sebelum diterapkannya model pembelajaran ALBICI, (2) mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa setelah diterapkannya model pembelajaran ALBICI, dan (3) mengetahui apakah terdapat peningkatan yang signifikan dalam kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI di SMA Negeri 12 Palembang setelah diterapkannya model pembelajaran A Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan Pre-eksperimental dan desain One Group Pretest-Posttest. Sampel penelitian berjumlah 33 siswa kelas XI.6 yang dipilih melalui teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji normalitas, serta uji-t (Paired Sample T-Test) dengan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan berpikir kritis siswa setelah diterapkannya model pembelajaran ALBICI. Skor rata-rata Pre-Test siswa sebesar 61,36 meningkat menjadi 84,24 pada Post-Test. Persentase siswa dengan kategori kemampuan tinggi naik dari 18% menjadi 24%, sedangkan kategori rendah menurun dari 24% menjadi 12%. Uji-t menunjukkan signifikansi sebesar 0,001 (<0,05) yang menandakan bahwa perbedaan tersebut secara statistik signifikan. Hasil penelitian ini sejalan dengan teori konstruktivisme yang dikemukakan oleh Jean Piaget dan Lev Vygotsky, yang menjelaskan bahwa pengetahuan tidak diberikan begitu saja, tetapi dibangun sendiri oleh peserta didik melalui pengalaman, interaksi dengan orang lain, dan proses berpikir. Dalam hal ini, model pembelajaran ALBICI membantu siswa memahami materi dengan cara mereka sendiri, melalui kegiatan berpikir kritis, kerja kelompok, dan penggalian makna dari materi keagamaan secara lebih aktif dan mendalam.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Aktif, Berpikir Kritis, Model Pembelajaran Interaktif
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Siti Lufia Maharani 2120202069
Date Deposited: 03 Jun 2025 07:23
Last Modified: 03 Jun 2025 07:23
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/46944

Actions (login required)

View Item View Item