PENGARUH METODE ARISAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’HAD ISLAMY PALEMBANG

MARYANI, MARYANI (2018) PENGARUH METODE ARISAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’HAD ISLAMY PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Motivasi sebagai kekuatan yang terdapat dalam diri individu, yang menyebabkan individu tersebut bertindak dan berbuat.untuk itu diperlukan metode yang menarik ketika pembelajaran berlangsung. Salah satu metode pembelajaran yang cocok dalam memotivasi belajar adalah metode arisan. Permasalahan dalam metode arisan penelitian ini adalah sebagai berikut: 1). Bagaimana motivasi belajar siswa Sebelum menerapkan metode arisan pada mata pelajaran matematika kelas IV di MI Ma’had Islamy Palembang. 2). Bagaimana motivasi belajar siswa sesudah menerapkan metode arisan pada mata pelajaran matematika kelas IV di MI Ma’had Islamy Palembang. 3). Adakah pengaruh penggunaan metode arisan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV di MI Ma’had Islamy Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen one- group pre-test post-test design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Ma’had Islamy Palembang yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data yang digunkan yaitu obsevasi, dokumetasi,wawancara, dan angket.sumber data yang digunakan adalah kelas IV dan guru MI Ma’had Islamy Palembang. Analisis data menggunakan rumus statistik uji “t”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Matematika di MI Ma’had Islamy Palembang sebelum menerapkan metode arisan mendapat skor rata-rata 50. Motivasi belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran matematika di MI Ma’had Islamy Palembang sesudah menerapakan motivasi belajar siswa mengalami peningkatan skor mean atau rata-rata 60. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test, dapat diberikan interpretasi terhadap t0 dengan terlebih dahulu memperhitung df atau db-nya . df atau db = N-1 = 20-1 = 19. dengan df sebesar 19 dikonsultasikan pada tabel nilai “t”, baik pada taraf signifikansi 5 % maupun pada taraf signifikansi 1%.“t”. perhitungan (t0 = 28,064) dan besarnya “t” yang tercantum pada tabel nilai t (tt.ts 5% = 2,09; dan tt.ts 1 % = 2,86) maka dapat kita ketahui bahwa t0 adalah lebih besar dari pada tt yaitu: 2,09< 28,064 >2,86. Sehingga secara menyakinkan dikatakan bahwa metode arisan dapat diandalkan sebagai metode pembelajaran yang baik untuk menerapkan metode pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 30 Dec 2019 02:28
Last Modified: 30 Dec 2019 02:28
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5072

Actions (login required)

View Item View Item