Azwar, Hadi (2019) PROFESIONALITAS GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 PALEMBANG.(. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah.
|
Text
Kulit Tesis Azwar.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2 Perbaikan.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (69kB) | Preview |
Abstract
Abstrak Dalam perkembangannya, Madrasah dihadapkan pada tantangan globalisasi seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Massivitas teknologi informasi global ini menurut Imam Tolkha dan Barizi (2004, hal. 4) tidak seluruhnya mampu diserap oleh sistem pendidikan Islam khususnya dan umat Islam umumnya. Lembaga-lembaga pendidikan Islam seperti pesantren dan madrasah, sebagai artikulasi sistem pendidikan Islam di Indonesia, kiranya mengalami ketertinggalan yang sangat jauh bila dibandingkan dengan sistem pendidikan modern. Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Palembang sebagai salah satu ikon lembaga pendidikan Islam di Kota Palembang Sumatera Selatan mutunya masih di bawah lembaga pendidikan umum (SMP). Analisa penulis, mutu madrasah dalam tahun pelajaran 2004/2005, 2005/2006, dan 2006/2007 mengalami penurunan bila dibandingakan lembaga pendidikan SMP. Salah satu upaya yang harus dilakukan Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Palembang dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan meningkatkan professional guru sebagai ujung tombak proses pembelajaran. Dengan guru yang professional diharapkan dapat menghantarkan Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 palembang dapat sejajar eksistensi sekaligus mutunya dengan sekolah umum (SMP). Penelitian ini membahas masalah penerapan komponen-komponen profesionalitas guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Palembang, problematika yang dihadapi guru Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Palembang dalam penerapan komponen-komponen profesionalitas dan upaya yang dilakukan guru Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Palembang untuk meningkatkan profesionalitas. Adapun tujuan Penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang penerapan komponen-komponen profesionalitas guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Palembang, untuk memperoleh data tentang problematika yang dihadapi dalam menerapkan komponen-komponen profesionalitas guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Palembang dan untuk menelaah upaya yang dilakukan untuk meningkatkan profesionalitas guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 di Kota Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Deskriptif Kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan prosedur analisis yang tidak menggunakan prosedur analisis statistik atau cara kuantifikasi lainnya. Yaitu didasarkan pada upaya membangun pandangan subjek penelitian yang rinci, dibentuk dengan kata-kata, gambaran holistik, pada konteks yang khusus dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah. Adapun penemuan-penemuan penulis di lapangan adalah masih ada guru mengajar bidang studi yang tidak sesuai dengan disiplin ilmu yang dimiliki, guru yang mengikuti pendidikan dan pelatihan frekuensinya belum merata, rendahnya guru memperoleh prestasi akademik, keinginan guru melaksanakan kegiatan penelitian tindakan kelas masih sangat minim, dan rendahnya pengetahuan guru tentang metode yang akan digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Depositing User: | PPS Pasca Sarjana |
Date Deposited: | 27 Dec 2019 04:00 |
Last Modified: | 27 Dec 2019 04:00 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5287 |
Actions (login required)
View Item |