HASIBUAN, ANDRE PRATAMA (2019) HUBUNGAN KEGIATAN EKSTRAKULIKULER PENCAK SILAT HIMSSI (HIMPUNAN SENI SILAT INDONESIA) TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA DI SDIT MUFIDATUL ILMI BANYUASIN. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB I.pdf Download (406kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (136kB) | Preview |
Abstract
Judul penelitian ini adalah Hubungan Kegiatan Ekstrakulikuler Pencak Silat HIMSSI (Himpunan Seni Silat Indonesia) dengan Disiplin Belajar Siswa di SDIT Mufidatul Ilmi Kabupaten Banyuasin. Bagaimana kegiatan ekstrakulikuler pencak silat di SDIT Mufidatul Ilmi Kabupaten Banyuasin. Bagaimana disiplin belajar siswa di SDIT Mufidatul Ilmi. Apakah ada hubungan yang signifikan antara kegiatan ekstrakulikuler pencak silat HIMSSI (Himpunan Seni Silat Indonesia) terhadap disiplin belajar siswa di SDIT Mufidatul Ilmi Kabupaten Banyuasin. Metodologi dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan jenis data data primer dan sekunder, data primer meliputi siswa, guru, kepala sekolah di SDIT Mufidatul Ilmi Banyuasin, sedangkan data skunder yaitu buku-buku, dan semua aspek yang menunjang penelitian. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa SDIT Mufidatul Ilmi yang mengikuti Kegiatan Ekstrakulikuler pencak silat HIMSSI yang berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian untuk menganalisis data yang telah terkumpul dari hasil angket peneliti menggunakan rumus “product moment”. Setelah dianalisis melalui rumus TSR kegiatan ekstrakulikuler pencak silat HIMSSI di SDIT Banyuasin dikategorikan sedang karena dari 30 responden terdapat sebanyak 17 responden menyatakan sedang (56,66%). 9 responden atau sebesar (30%) kegiatan ekstrakulikuler pencak silat HIMSSI terkategori tinggi, dan 4 responden atau sebesar (13,66%) kegiatan ekstrakulikuler pencak silat HIMSSI terkategori rendah. Dengan melihat data diatas dapat disimpulkan bahwa kegiatan ekstrakulikuler pencak silat HIMSSI dalam keadaan baik atau sedang. Hal ini terbukti dengan sebagian besar skor yang diperoleh dari 17 responden yang menyatakan sedang yaitu (56,66%). Setelah dianalisis melalui rumus TSR disiplin belajar di SDIT Mufidatul Ilmi Banyuasin dikategorikan sedang karena dari 30 responden terdapat sebanyak 19 responden menyatakan sedang 19 atau sebanyak (63,33%). 5 responden atau sebanyak (16,67%) menyatakan disiplin belajar siswa tinggi. 6 responden atau sebanyak 6 (20%) menyatakan disiplin belajar siswa rendah. Dengan melihat data diatas dapat disimpulkan bahwa disiplin belajar siswa di SDIT Mufidatul Ilmi Banyuasin dalam keadaan baik atau sedang. Hal ini terbukti dengan sebagian besar skor yang diperoleh dari 19 responden yang menyatakan sedang yaitu (63,33%). Dari tabel di distributsi t, untuk ɑ= 0, 05 dan dk= 30-2= 28, di peroleh tabel= 1, 701. Karena thitung lebih besar dari t tabel ( 1, 947 > 1, 701) , maka Ho di tolak sehingga di simpulkan terdapat korelasi posistif yang signifikan antara kegiatan ekstrakulikuler pencak silat HIMSSI (X) dengan disiplin siswa (Y) di SDIT Mufidatul Ilmi Banyuasin.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ekstrakulikuler Pencak Silat HIMSSI, Disiplin Belajar |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 30 Dec 2019 04:03 |
Last Modified: | 30 Dec 2019 04:03 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5332 |
Actions (login required)
View Item |