KURNIA, ERNI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI SISTEM RANGKA KELAS VIII DI SMP NURUL IMAN PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
2.BAB I.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text
6.BAB V & DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (247kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model pembelajaran Examples Non Examples Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Materi Sistem Rangka kelas VIII Di SMP Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian Nonequivalent-controlgroups design, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Sampel Jenuh yaitu bagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi, sampel dari penelitian ini adalah seluruh jumlah populasi dijadikan sampel yang berjumlah 74. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tulis (pretest-postest)dan dokumentasi serta kisi-kisi soal. Berdasarkan analisis data penelitian pada hasil rata-rata nilai posttest kemampuan berpikir kritis siswa pada kelompok eksperimen lebih tinggi (81,35) dibandingkan kelompok kontrol (71,94). Dilihat dari nilai N-Gain pada kelompok eksperimen termasuk kategori Tinggi (0,67) sedangkan kelompok kontrol termasuk kategori sedang (0,46). Analisis data menggunakan uji-t dengan taraf siginifikan 0,05 diperoleh thitung = 5,824 sedangkan ttabel = 1, 666 terlihat bahwa thitung > ttabel. Oleh karena itu (Ha) di terima dan (H0) ditolak dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran materi sistem rangka di kelas VIII SMP Nurul Iman Palembang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Examples Non Examples; Kemampuan berpikir kritis; Sistem Rangka. |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 30 Dec 2019 07:51 |
Last Modified: | 30 Dec 2019 07:51 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5359 |
Actions (login required)
View Item |