HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Kasus Prestasi Belajar Siswa di MAN 2 Palembang)

KARTIKA, MUTIARA AMELDA (2020) HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Kasus Prestasi Belajar Siswa di MAN 2 Palembang). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah.

[img]
Preview
Text
Judul (2).pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I (6).pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 (8).pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 (8).pdf

Download (134kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kartika Mutiara Amelda. 2010. Hubungan Antara Gaya Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus Prestasi Belajar Siswa di MAN 2 Palembang). Tesis Program Pasca Sarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Fatah Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa di MAN 2 Palembang. Penelitian ini mengajukan dua hipotesis, adapun hipotesis dalam penelitian ini pertama, terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar dengan prestasi akademik siswa. Kedua, tidak adanya hubungan yang signifikan antara gaya belajar dengan prestasi belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MAN 2 Palembang yang berjumlah 692 siswa, dan sampelnya adalah seluruh kelas XI IPA dan IPS yang berjumlah 226 siswa, yang terdiri dari 94 laki-laki dan 132 perempuan. Pengumpulan data di ambil melalui kuisioner dan dokumentasi, kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik statistik korelasi product-moment pearson melalui SPSS versi 17.0. Dari penelitian yang dilakukan, menunjukkan bahwa gaya belajar mempunyai hubungan yang positif dengan prestasi belajar siswa di MAN 2 Palembang. Hal ini berarti bahwa apabila seorang siswa mempunyai gaya belajar yang dominan, maka prestasi belajarnyanya juga baik. Sebaliknya, apabila seorang siswa tidak mempunyai gaya belajar yang lebih dominan diantara ketiga gaya belajar, maka prestasi belajarnya juga biasa-biasa saja. Setelah penyebaran angket dilakukan, maka didapatlah bahwa gaya belajar auditori paling banyak didominani, yaitu sebanyak 94 siswa (43,7%) , kemudian diikuti dengan gaya belajar visual sebanyak 67 siswa (31,2%), dan terakhir gaya belajar kinestetik sebanyak 54 siswa (25,2%) dari keseluruhan sampel yang diambil. Sedangkan hubungan antara gaya belajar visual terhadap prestasi belajar siswa (nilai rapor) berkorelasi cukup besar, yakni 0,13. Kemudian gaya belajar auditori berkorelasi dangan nilai rapor sebesar 0,059. Dan terakhir gaya belajar kinestetik berkorelasi dengan nilai rapor sebesar 0,029. Berdasarkan hasil tersebut penulis menyimpulkan bahwa gaya belajar (visual, auditori, kinestetik) merupakan salah satu faktor yang cukup berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Karena itu seorang guru ada baiknya dapat mengenali gaya belajar dari tiap-tiap siswanya guna memberikan ketertarikan mereka dalam belajar dan meningkatkan prestasi belajarnya di sekolah atau madrasah. Dari hasil penelitian ini, maka peneliti menyarankan kepada para guru untuk mengenali gaya belajar siswanya sehingga mereka dapat meningkatkan prestasi belajarnya. Untuk itu para guru juga diharapkan dapat memberikan pelajaran yang bervariasi di kelas agar para siswa tidak mengalami kebosanan dengan pelajaran yang setiap harinya mereka hadapi. Bagi para siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar, cobalah untuk mengingat kembali karakteristik belajar anda yang paling efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 09 Jan 2020 07:35
Last Modified: 09 Jan 2020 07:35
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5429

Actions (login required)

View Item View Item