EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) PADA MADRASAH DI KABUPATEN OGAN ILIR TAHUN ANGGARAN 2009 (2010)

ANITA, AHDAH (2020) EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) PADA MADRASAH DI KABUPATEN OGAN ILIR TAHUN ANGGARAN 2009 (2010). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah.

[img]
Preview
Text
COVER (10).pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I (8).pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II (8).pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V (9).pdf

Download (68kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Bantuan Operasional Sekolah (BOS) merupakan kebijakan pemerintah di bidang pendidikan dalam rangka meningkatkan akses masyarakat terhadap pendidikan dasar yang bermutu serta penuntasan Program Wajib Belajar Pendidikan Dasar Sembilan Tahun. Dengan program ini diharapkan dapat menjamin keberlangsungan proses pendidikan di satuan pendidikan tingkat dasar, yang tentu saja akan dapat meringankan beban masyarakat dari biaya operasional pendidikan. Namun dalam implementasi BOS ditemukan banyak kendala yang umumnya terjadi di tingkat satuan pendidikan/madrasah. Berdasarkan persoalan tersebut maka penelitian ini dilakukan. Masalah penelitian ini adalah bagaimana efektivitas implementasi dana BOS pada madrasah di Kabupaten Ogan Ilir dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi implementasi BOS tersebut. Tujuan yang ingin dicapai yaitu untuk mengetahui efektivitas implementasi dana BOS pada madrasah di Kabupaten Ogan Ilir dan faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi kebijakan tersebut. Selanjutnya, manfaat teoritis yang diharapkan dari penelitian ini yaitu untuk pengembangan keilmuan khususnya manajemen pendidikan, sedangkan manfaat praktis yaitu untuk memperbaiki implementasi dana BOS khususnya di tingkat madrasah. Penelitian ini termasuk penelitian kebijakan. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif melalui pendekatan survei. Penelitian dilakukan pada madrasah di kabupaten Ogan Ilir dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang Kepala Madrasah. Data diambil melalui angket, dokumentasi dan wawancara dengan berbagai kalangan seperti: Komite Madrasah, guru dan Tim Manajemen BOS Tingkat Kabupaten Ogan Ilir. Untuk memperoleh data yang valid, maka dilakukan Triangulasi sumber data. Penelitian dilakukan terhadap lima aspek implementasi BOS, yaitu ketepatan waktu pencairan, ketepatan sasaran penerima, ketepatan jumlah dana, ketepatan penggunaan dana dan ketepatan prosedur implementasi. Analisis data menggunakan pendekatan kualitatif. Implementasi BOS pada madrasah di Kabupaten Ogan Ilir menunjukkan tingkat keefektifan yang beragam. Berdasarkan analisis ketepatan waktu pencairan, implementasi BOS berjalan tidak efektif. Berdasarkan analisis ketepatan sasaran penerima BOS, implementasi BOS telah berjalan efektif. Berdasarkan ketepatan jumlah dana, implementasi BOS telah berjalan efektif. Berdasarkan ketepatan penggunaan dana, implementasi BOS sudah efektif. Sedangkan dari aspek prosedur implementasi, pada tahap perencanaan (input) implementasi BOS berjalan efektif meski pelibatan pihak di luar Tim Manajemen BOS belum maksimal. Pada tahap proses, pelaksanaan BOS secara umum berjalan efektif. Sedangkan pada evaluasi (output), implementasi BOS berjalan efektif. meski pembentukan Unit Pengaduan Masyarakat oleh masyarakat tidak diimplementasikan oleh Madrasah. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi kebijakan tersebut meliputi: komunikasi, sumberdaya, disposisi sikap dan struktur birokrasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 09 Jan 2020 08:32
Last Modified: 09 Jan 2020 08:32
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5481

Actions (login required)

View Item View Item