PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERINTEGRASI AL-QUR’AN DI SMA N 1 PANGKALAN LAMPAM OKI

KARLINA, LILIS (2019) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERINTEGRASI AL-QUR’AN DI SMA N 1 PANGKALAN LAMPAM OKI. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (143kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian pengembangan ini yaitu untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan modul biologi berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) terintegrasi Al-Qur’an di SMA N 1 Pangkalan Lampam OKI. Metode penelitian ini menggunakan model pengembangan yang dikembangkan oleh Borg & Gall, penelitian ini sampai pada tahapan ketujuh dari sepuluh tahapan Research and Development (R & D) yaitu: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA N 1 Pangkalan Lampam OKI. Pengumpulan data diperoleh dari hasil validasi instrumen yang dilakukan berupa skala penilaian untuk mengetahui modul biologi berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) terintegrasi Al-Qur’an pada materi pencemaran lingkungan. Berdasarkan validasi dari beberapa ahli yang didapat yaitu ahli materi 85,41%, ahli media 90,62%, ahli bahasa 90,62%, ahli perangkat pembelajaran 91,66%, dan ahli al-qur’an dan hadits 85%, respon guru biologi 86,79%, respon peserta didik 90,88% maka modul biologi berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) terintegrasi Al-Qur’an mendapat kriteria “Sangat Layak” sehingga sangat baik digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Modul Contextual Teaching and Learning (CTL) Terintegrasi AlQur'an
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 10 Jan 2020 09:06
Last Modified: 10 Jan 2020 09:06
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5532

Actions (login required)

View Item View Item