STRATEGI BAURAN PEMASARAN SEKOLAH DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG

ASTUTI, PUTRI JUWITA (2019) STRATEGI BAURAN PEMASARAN SEKOLAH DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (69kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang ”Strategi Bauran Pemasaran Sekolah di SMA Muhammadiyah 1 Palembang”. Sehubungan dengan maraknya pendirian sekolah baru dengan fasilitas yang memadahi menyebabkan sekolah/madrasah sebagai lembaga pendidikan harus mampu berkompetisi dengan sesama, juga harus mampu berkompetisi dengan lembaga-lembaga kursus dan dunia kerja. Untuk mampu berkompetisi tersebut sekolah/madrasah harus mampu melihat berbagai kebutuhan dan harapan stakeholder. Upaya untuk selalu memenuhi kebutuhan dan harapan stakeholder, inilah yang kemudian menuntut sekolah/madrasah untuk meningkatkan mutu layanan produknya dan melakukan promosi untuk memikat para konsumen. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui strategi bauranpromosi sekolah dan faktor pendukung dan penghambat strategi bauran promosi sekolah di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan 3 informan yaitu Kepala Sekolah, Kepala Humas,dan Siswa, sedangkan sumber data sekunder berupa buku-buku dan dokumentasi sekolah yang berkaitan dengan penelitian ini. Teknik analisis dalam penelitian ini dengan cara yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta disempurnakan dengan pengecekan keabsahan data melalui metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan SMA Muhammadiyah sudah termasuk baik ini terbukti dari masyarakat yang masih tetap setia memilih SMA Muhammadiyah sebagai pilihan untuk menyekolahkan anaknya dan dari banyaknya para siswa-siswi yang diterima di perguruan tinggi terkemuka. Adapun dalam hal ini faktor pendukung meliputi sekolah yang sudah terakreditasi A+, mempunyai media social yang aktif sehingga dapat digunakan untuk mempromosikan sekolah, adanya strategi pemasaran tidak langsung promosi dari mulut ke mulut (word of mouth publicity) atau promosi terselubung, upaya selalu meningkatkan pelayanan pendidikan yang diberikan oleh sekolah kepada siswa maupun masyarakat dan letak yang strategi dengan jalan raya sehingga dapat dijangkau dengan mudah oleh kendaraaan. Sedangkan faktor penghambatnya banyaknyapersainganantarsekolah, minimnya anggaran yang dimiliki, dan juga belum adanya panitia khusus dalam menanggani pemasaran sekolah sehingga menyebabkan belum terdokumen dan tersusun rapi strateginya sehingga mempersulit dalam melakukan strategis pemasaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Bauran Pemasaran dan Sekolah
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 13 Jan 2020 02:38
Last Modified: 13 Jan 2020 02:38
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5547

Actions (login required)

View Item View Item