HALIMATUSSAKDIAH, HALIMATUSSAKDIAH (2020) PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (0-2 TAHUN) DI RUMAH TANGGA DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah.
|
Text
cover depan (1).pdf Download (269kB) | Preview |
|
|
Text
tesis ok.pdf Download (395kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Pendidikan Anak Usia Dini(0-2 tahun) Di Rumah Tangga Dalam Perspektif Manajemen Pendidikan Islam.” Penelitian ini sebagai upaya untuk mengungkap konsep dasar pendidikan Islam bagi anak usia dini (PAUD) pada usia keemasan ( 0-6 tahun ) dan mengungkap konsep manajemen pendidikan Islam bagi anak usia dini (0-2 tahun) di rumah tangga. Dimana pendidikan anak usia dini (0-2 tahun) di rumah tangga merupakan fondasi utama dalam pembentukan kecerdasan dan kepribadian Islami anak. Pokok masalah yang di bahas dalam penelitian ini yaitu: bagaimana menganalisa perencanaan pendidikan Islam bagi anak usia dini (0-2 tahun) di rumah tangga, dan bagaimana menganalisa pelaksanaan pendidikan Islam bagi anak usia dini (0-2 tahun) di rumah tangga, serta bagaimana mengananlisa evaluasi pendidikan Islam bagi anak usia dini (0-2 tahun) di rumah tangga. Untuk tujuan itu Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data-data yang di perlukan dalam penelitian ini dihimpun melalui studi kepustakaan ( library research ), penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berdasarkan metode deskriftif- kualitatif. Data yang diperoleh melalui sumber data primer dan sekunder. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah teknik dokumenter. Selanjutnya data yang diperoleh dari penelitian ini kemudian dianalisis, dengan menggunakan metode Content Analisis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa; konsep Manajemen Pendidikan Islam bagi anak usia dini (0-2 tahun) di rumah tangga, meliputi; (1) Perencanaan (planning) pendidikan Islam, yaitu mengacu pada teori W5 1 H (What,who, when, where, why, and how). Yaitu termasuk materi dan tujuan pendidikan Islam yang telah dirumuskan, khusus bagi anak usia dini umur (0-2 tahun) yang dilakukan di rumah tangga oleh guru utamanya yaitu orang tua (ayah dan ibu) serta keluarga. (2) Pelaksanaan (actuating) pendidikan Islam bagi anak usia dini (0-2 tahun) di rumah tangga meliputi: Dasar pelaksanaan ( al-Qur’an, al-Sunnah dan Ijtihad), tujuan pendidikan ( jasmani, rohani, dan akal ), metode pendidikan ( teladan, pembiasaan dan latihan, nasehat/ penghargaan, pengawasan, hukuman/ sanksi ), materi pendidikan meliputi: adzan dan iqamah, mentahnik bayi dan dan mendo’akan, zikir dan syukur, aqiqah, memberi nama yang baik, mencukur rambut, menjaga kebersihan, khitan, menyayangi ketika sakit, berkata jujur, memberi perhatian, menanamkan sifat ketaqwaan, mengajak bercakap-cakap dengan kalimah thayyibah, berbahasa santun, melatih fungsi panca indra, melatih gerakan motorik halus dan kasar, membacakan, menunjukkan gambar dan bercerita atau mengungkapkan kisah-kisah teladan. Serta menyusui. Juga termasuk di dalam pelaksanaan pendidikan ini adalah prinsip-prinsip pendidikan Islam bagi anak usia dini di rumah tangga, meliputi (prinsip PAUD secara umum, prinsip tauhid, prinsip keseimbangan, dan prinsip pendidikan seumur hidup).. (3) Evaluasi (controlling) pendidikan Islam bagi anak usia dini di rumah tangga yaitu dilihat dari berbagai aspek sesuai dengan tujuan dan standar kompetensi PAUD yang telah ditentukan, yaitu: (1) aspek moral dan nilai-nilai agama, (2) aspek sosial, emosional dan kemandirian,(3) aspek bahasa, (4) aspek kognitif, (5) aspek fisik/ motorik, dan (6) aspek seni.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Depositing User: | PPS Pasca Sarjana |
Date Deposited: | 13 Jan 2020 07:31 |
Last Modified: | 13 Jan 2020 07:31 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5555 |
Actions (login required)
View Item |