MA'RUF, ABDUL (2019) PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAQ KELAS III DI MADRASAH IBTIDAIYAH AZIZAN PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
skripsi bab 1.pdf Download (644kB) | Preview |
|
|
Text
skripsi bab 5.pdf Download (180kB) | Preview |
Abstract
Dalam pembelajaran, siswa pasti menujukkan sifat dan tingkah laku yang berbeda-beda serta mempunyai semangat belajar yang cenderung berubah-ubah. Oleh sebab itu, guru haruslah mengetahuinya peranannya, karena peran guru sangatlah penting untuk meningkatkan minat belajar siswa dan untuk tercapainya tujuan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di MI Azizan Palembang yang membahas tentang peran guru dalam Pembelajaran aqidah akhlaq kelas III di MI Azizan Palembang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru dalam Pembelajaran aqidah akhlaq kelas III di MI Azizan Palembang? dan apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat peran guru dalam Pembelajaran aqidah akhlaq kelas III di MI Azizan Palembang?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam Pembelajaran aqidah akhlaq kelas III di MI Azizan Palembang dan mengetahui faktor pendukung serta faktor penghambat peran guru dalam Pembelajaran aqidah akhlaq kelas III di MI Azizan Palembang. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (Field Research) deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil yang dapat dilihat dari penelitian peran guru dalam Pembelajaran aqidah akhlaq kelas III di MI Azizan Palembang ini adalah 1) Menggunakan metode yang bervariasi, 2) Menciptakan persaingan atau kompetisi, 3) Memberi evaluasi/ulangan, 4) Memberi nilai atau angka, 5) Memberitahukan hasil belajar siswa, 6) Memberi hadiah kepada siswa, 7) Memberi pujian, 8) Memberi hukuman jika tidak mengerjakan tugas. Sedangkan Faktor pendukung peran guru dalam Pembelajaran aqidah akhlaq kelas III di MI Azizan Palembang yaitu: Kesehatan siswa, kesungguhan siswa dalam belajar, Kompetensi dan kualifikasi akademik guru. Sedangkan faktor penghambatnya adalah minimnya penghargaan terhadap prestasi siswa, tingkat pemahaman terhadap materi pelajaran yang rendah, selain itu juga kurang tersedianya sarana dan prasarana yang memadai di MI Azizan Palembang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peran pembelajaran |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 13 Jan 2020 06:35 |
Last Modified: | 13 Jan 2020 06:35 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5560 |
Actions (login required)
View Item |