NM, WULAN MEILINA (2019) PERENCANAAN PENGADAAN SARANA DAN PRASARANA DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH 14 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB I print bsok.pdf Download (425kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (170kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang “Perencanaan pengadaaan sarana dan prasarana di TK Aisyiyah 14 Palembang”. Penelitian ini dilatarbelakangi yang mana bahwa setiap sekolah memiliki sarana prasarana, baik itu memadai ataupun tidak memadai. Sarana dan prasarana tersebut perlu didayagunakan dan direncanakkan untuk kepentingan proses pembelajaran. perecanaan ini dimaksudkan agar dalam pelaksanaannya bisa berjalan dengan efektif dan efisien.Maka diperlukan dalam perencanaan secara maksimal, baik itu mulai dari perecanaan,menentukan tujuan, penyusunan rencana, dan lain sebagainya. Kegagalan dalam perencanaan tidak menutup kemungkinan dapat menyebabkan kegagalan disemua kegiatan dalam mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana perencanaan pengadaan sarana dan prasarana di TK Aisyiyah 14 Palembang, dan faktor apasaja yang mendukung dan menghambat dalam perencanaan pengadaan sarana dan prasarana di TK Aisyiyah 14 Palembang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perencanaan pengadaan sarana dan prasarana di TK Aisyiyah 14 Palembang dan untuk mengetahui faktor apa saja yang mendukung dan menghambat perencanaan pengadaan sarana dan prasarana di TK Aisyiyah 14 Palembang. Dalam penelitian ini yang dapat menjadi informan pokok adalah kepala sekolah dan informan pendukung adalah guru. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpu;an data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, data display, kesimpulan/verifikasi data, dan triangulasi data. Hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut: pertama, perencanaan pengadaan sarana dan prasarana di TK Aisyiyah 14 Palembang melalui 5 tahapan yaitu membuat perencanaan dalam kegiatan pengadaan, menentukan tujuan, penyusunan rencana, perencanaan struktur organisasi, mengefektifkan sumber daya. Kedua, faktor yang mempengaruhui perencanaan pengadaan sarana dan prasarana di TK Aisyiyah 14 Palembang yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung meliputi bantuan pemerintah, bantuan orang tua siswa, membuat sendiri, masyarakat peduli pendidikan. Sedangkan faktor penghambat yaitu keterbatasan anggaran atau dana, kemampuan SDM membuat sarana sendiri. Jadi pada prinsipnya dalam pembahasan ini adalah dalam setiap perencanaan haruslah memperhatikan 5 faktor utama diantaranya, perencanaan, menentukan tujuan, penyusunan rencana, perencanaan struktur organisasi, mengefektifkan sumber daya sehingga dalam pelaksanaannya mendapatkan hasil efektif dan efisien. Selanjutnya, dalam melaksanakan kegiatan bagaimanapun juga tentu banyak terdapat hambatan-hambatan, seperti keterbatasan dana dan lain sebagainya, tentu untuk menyikapinya kepala sekolah dapat mengatur dan mengelolah sebaik mungkin.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perencanaan pengadaan TK |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 13 Jan 2020 08:42 |
Last Modified: | 13 Jan 2020 08:42 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5573 |
Actions (login required)
View Item |