WULANDARI, ADE (2019) IMPLEMENTASI PROGRAM ADIWIYATA DI SMA NEGERI 13 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB I fix-dikonversi.pdf Download (235kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V....pdf Download (386kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini berjudul “Implementasi Program Adiwiyata di SMA Negeri 13 Palembang”. Adiwiyata adalah salah satu program kementrian negara lingkungan hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam pelestarian lingkungan hidup. Terdapat tiga indikator dalam implementasi program Adiwiyata disekolah, yaitu: pengembangan kebijakan sekolah perduli dan berwawasan lingkungan, pengembangan kegiatan berbasis partisipatif dan melakukan pengelolaan sarana dan prasarana ramah lingkungan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi program Adiwiyata di SMA Negeri 13 Palembang dan apakah faktor pendukung dan penghambat Implementasi Program Adiwiyata di SMA Negeri 13 Palembang. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui implementasi program Adiwiyata dalam di SMA Negeri 13 Palembang dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi program Adiwiyata di SMA Negeri 13 Palembang. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah jenis penelitian kualitatif, yang memiliki karakteristik alami (natural setting) sebagai sumber data langsung, deskriptif, dan proses lebih dipentingkan dari pada hasil. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini ialah observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data (data reduction), data display (penyajian data), dan kesimpulan, uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian yang dilakukan penulis yaitu, pertama implementasi program Adiwiyata di SMA Negeri 13 Palembang sudah baik, implementasi Adiwiyata dilakukan dengan pengembangan kebijakan sekolah perduli dan berwawasan lingkungan, pengembangan kegiatan berbasis partisipatif dan melakukan pengelolaan sarana dan prasarana ramah lingkungan. Kedua, faktor pendukung program Adiwiyata adalah sarana dan prasarana sekolah yang memadai, partisipasi aktif dari warga sekolah dan kepala sekolah yang berkompeten. Sedangkan faktor penghambat implementasi program Adiwiyata adalah keterbatasan anggaran dan kurangnya tingkat kesadaran warga sekolah terhadap implementasi program adiwiyata.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Program Adiwiyata |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 14 Jan 2020 06:47 |
Last Modified: | 14 Jan 2020 06:47 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5602 |
Actions (login required)
View Item |